Pemerintah Alokasikan Rp 2,8 Miliar Bangun Pabrik Es di Sorong

share on:

Deputi Sumber Daya Alam dan Jasa Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Agung Kuswandono – Jubi/maritim.go.id
Deputi Sumber Daya Alam dan Jasa Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Agung Kuswandono – Jubi/maritim.go.id
Sorong, Jubi – Tahun ini pemerintah pusat menyediakan anggaran sebesar Rp 1,8 miliar guna pembangunan pabrik es, sebagai sarana pendukung produksi kelautan dan perikanan di Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat.

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kementerian Koordinator bidang Maritim Agung Kuswandono di Sorong, Minggu (4/9/2016) mengatakan, anggaran tersebut bersumber dari APBN dana Tugas Perbantuan (TP) Kementerian Perikanan dan Kelautan.

Dia mengatakan, anggaran ini dipergunakan untuk pengadaan satu unit mesin serpihan es atau ice flake machine skala besar bagi nelayan setempat.

Sebelumnya pabrik es di Kabupaten Sorong Selatan sudah ada namun terbakar pada Desember 2015. Pemerintah daerah akan membangun kembali bangunannya dan pemerintah pusat mendatangkan “ice flake machine” (mesin es serpihan) skala besar agar dapat beroperasi kembali.

Ia menyampaikan pembangunan pabrik es di Kabupaten Sorong Selatan tersebut tentunya dilengkapi dengan ketersediaan listrik yang memadai agar beroperasi lancar.

“Kami sudah meninjau lokasi pembangunan dan sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat serta Kementerian Kelautan dan Perikanan bahwa pembangunan pabrik es itu ditargetkan tuntas Oktober 2016,” ujarnya.

Tujuan pembangunan pabrik es ini agar nelayan di Kabupaten Sorong Selatan dapat menyimpan ikan lebih lama untuk peningkatan kesejahteraan mereka.

“Kesejahteraan nelayan itulah yang diupayakan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan agar cita-cita menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia tercapai,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemerintah Alokasikan Rp 2,8 Miliar Bangun Pabrik Es di Sorong