Bina Marga Nabire Janji Akan Perbaiki Jalan Rusak Samabusa Lagari

share on:
Jalan Rusak Kurang Lebih 10 kilometer – Jubi/ist
Jalan Rusak Kurang Lebih 10 kilometer – Jubi/ist

Nabire,Jubi – Kantor Balai Bina Marga wilayah Nabire berjanji  akan memperbaiki jalan rusak dan berlubang dari Samabusa hingga Lagari Distrik Makimi, Nabire – Papua pada tahun anggaran 2017.

Kepala Balai melalui pengawas lapangan, Marthen Ampang mengatakan jalur itu sebelumnya bukan ditangani pihaknya namun oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Nabire.

“Jadi kami tidak sengaja membiarkan hal itu. Nanti akan dikerjakan tahun depan karena baru pengusulan, berdasarkan SK tertanggal 4 Desember 2015, bahwa jalur itu diserahkan dari Dinas PU kepada bina marga,” katanya di Nabire, Senin (5/9/2016).

Ia berharap kepada masyarakat agar bisa memahami mana  jalur trans, mana jalan nasional, jalan provinsi dan mana yang tidak. Sebab tidak semua jalan dan jembatan dikerjakan pihaknya.

“Ada jalan yang ditangani APBD kabupaten, APBD provinsi dan APBN. Bina Marga hanya menangani jalan trans nasional yang dibiayai oleh APBN,” jelasnya.

Terkait tuduhan  masyarakat yang mempertanyakan perbaikan jalan di Bumi Wonerejo yang dinilai belum rusak tapi sudah diperbaiki, Marthen Ampang mengatakan pengaspalan itu harus dua lapis dan itu dikerjakan berdasarkan pengusulan.

“Jadi tidak mungkin yang kami usulkan di jalur Bumi Wonerejo lalu yang kami kerjakan di Samabusa,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Kampung Nifasi Distrik Makimi, Nabire Matias Gobay mengatakan jalan di kampungnya sepanjang 10 kilometer, mulai dari ujung Kampung Samabusa sampai ke pertigaan Lagari sepertinya sengaja  dibiarkan.

“Jalan dan jembatan yang ada tidak pernah diperhatikan. Jembatan-jembatan  ada yang miring jalan berlubang. Sepertinya perusahaan yang menangani jalur ini tidak punya bermutu, mereka hanya kejar keuntungan,” katanya. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bina Marga Nabire Janji Akan Perbaiki Jalan Rusak Samabusa Lagari