Bulog Papua Uji Coba Datangkan Daging Kerbau Beku

share on:
Bulog mensosialisasikan daging kerbau sebagai alternatif daging konsumsi di kantor Bulog, Jakarta, 2 September 2016.-Dok. Tempo
Bulog mensosialisasikan daging kerbau sebagai alternatif daging konsumsi di kantor Bulog, Jakarta, 2 September 2016.-Dok. Tempo

Jayapura, Jubi – Divisi Regional Badan Urusan Logistik (Bulog) Papua dan Papua Barat akan melakukan uji coba mendatangkan daging kerbau beku untuk dikonsumsi masyarakat di dua provinsi.

Kepala Divisi Regional Bulog Papua dan Papua Barat M. Attarizal mengatakan, uji coba dilakukan untuk mengecek ongkos angkut yang cukup tinggi dan menyiapkan freezer (lemari pendingin).

“Mungkin hanya puluhan kilogram saja sambil melihat animo dan memperkenalkan daging kerbau kepada masyarakat di sini, serta menyiapkan freezer dan kami coba mencari solusi biaya angkut yang cukup tinggi,” katanya kepada Jubi, Senin (5/9/2016).

Menurutnya persoalan utama mendatangkan daging kerbau ke Papua adalah masalah biaya angkut dan ketersediaan cold storage (kamar pendingin).

“Yang lain tidak ada ada masalah, hanya masalah biaya angkut, kalaupun animo masyarakat baik maka kita akan datangkan secara bertahap meningka, ini program baru di mana pengenalan daging kerbau ini pada 1 September lalu bersama Menteri BUMN dengan Bulog,” ujarnya.

Tidak tertutup kemungkinan ditindaklanjuti dengan cepat dan tepat, katanya, jika masyarakat menerima dan menyenangi daging kerbau tersebut untuk konsumsi. Ini pilihan selain daging sapi lokal yang kini 1 kg Rp135 ribu.

Dikutip dari Tempo.co, Bulog mensosialisasi daging kerbau sebagai alternatif konsumsi dan memperkenalkan kelebihannya.

Ketua Bulog Djarot Kusumayakti mengatakan, daging kerbau masih kurang populer sebagai makanan sehari-hari, padahal memiliki kelebihan sebagai daging konsumsi.

Dari segi harga, katanya Jumat (2/9/2016) daging kerbau lebih murah dibanding daging sapi. Harga jual tertinggi daging kerbau Rp65 ribu per kilogram. Sedangkan harga daging sapi nasional Rp114.490 per kilogram.

Djarot mengatakan, mekanisme impor dan distribusi daging kerbau akan diambil alih Bulog. (*)

Editor : Syofiardi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bulog Papua Uji Coba Datangkan Daging Kerbau Beku