Legislator Ingin Bupati Terpilih Mambra Segera Dilantik

share on:
Bupati Mamberamo Raya terpilih, Dorinus Dasinapa - Jubi/Arjuna
Bupati Mamberamo Raya terpilih, Dorinus Dasinapa – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Legislator Mamberamo Raya (Mambra), Yosafat Kapitawa berharap pasangan bupati dan wakil bupati terpilih Mambra, Dorinus Dasinapa – Yakobus Britai segera dilantik.

Sekretaris Fraksi Mamberamo Hebat DPRD Mambra itu mengatakan, sudah lama masyarakat Mambra menanti adanya pasangan kepala daerah definitif memimpin kabupaten itu lima tahun kedepan.

“Proses Pilkada Mamberamo Raya berlangsung cukup alot. Mulai dari tahapan persiapan hingga gugatan sengketa Pilkada dan putusan pasangan yang menang oleh Mahkamah Konstitusi, butuh waktu hampir setahun,” kata Yosafat Kapitawa akhir pekan lalu di Jayapura.

Menurutnya, lantaran proses Pilkada yang berlarut-larut, jalannya pemerintahan di Mamberamo Raya tak maksimal. Jika pasangan kepala daerah sudah dilantik, mereka bisa segera melaksanakan roda pemerintahan dan berbagai program pembangunan dan pembinaan masyarakat yang sudah direncanakan sesuai visi misi mereka.

“Kalau pasangan kepala daerah terpilih sudah dilantik, mereka juga bisa langsung membahas APBD 2017 mendatang. Bahkan APBD perubahan tahun ini,” ucapnya.

Namun kata dia, untuk menghindari hal-hal tak diinginkan, ia berharap pelantikan pasangan kepala daerah terpilih Mambra harus dilakukan di Kantor Gubernur Papua, di Dok II Kota Jayapura.

Terpisah, Bupati Mamberamo Raya terpilih, Dorinus Dasinapa mengatakan, informasi yang didapat, pelantikan ia dan pasangannya rencananya dilaksanakan 9 September 2016 mendatang.

“Informasi yang saya dapat seperti itu. Kabarnya perwakilan Pemprov Papua sudah ke Jakarta untuk mengambil SK pelantikan di Kementerian Dalam Negeri,” kata Dasinapa.

Menurutnya, rakyat Mamberamo Raya telah melaksanakan demokrasi yang baik. Pilkada Mambra lalu berjalan dengan baik, tanpa ada konflik antar masyarakat pendukung para kandidat, meski sempat diwarnai gugatan ke MK dan dua kali pemungutan suara ulang. (*)

Editor : dominggus
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Legislator Ingin Bupati Terpilih Mambra Segera Dilantik