Pemkab Jayapura Sosialisasi Stop BABS di Beberapa Distrik

share on:

Ketua Yayasan Hirosi Papua Ted R. Suebu – Jubi/Engel Wally
Ketua Yayasan Hirosi Papua Ted R. Suebu – Jubi/Engel Wally
Sentani, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayapura bekerja sama dengan Unicef Papua dan Yayasan Hirosi Papua (YHP) menyosialisasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) di beberapa distrik.

Distrik-distrik yang difokuskan yaitu Distrik Sentani Timur, Gresi Selatan, Demta, Yokari, dan Distrik Depapre. Sedangkan Distrik Sentani Timur sudah dideklarasikan kampung bebas BABS tahun 2017 menyusul sosialisasi beberapa waktu lalu.

Ketua YHP Ted R. Suebu mengatakan berdasarkan Kepmenkes No. 852 Tahun 2008 tentang Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (SNSTBM) ada sejumlah pilar yang harus dilakukan, salah satunya Stop BABS.

“Tugas kami adalah melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat setempat untuk memahami pentingnya hidup sehat melalui Stop BABS,” katanya kepada Jubi di Sentani, Senin (5/9/2016).

Menurut dia memerlukan kesabaran dalam mengajak masyarakat untuk memahami pentingnya menjaga kesehatan lingkungan.

“Kami harus turun dan tinggal bersama dengan masyarakat setempat untuk mengamati dan memahami pola kehidupan mereka,” katanya.

“Setelah itu, dimulai dengan sosilisasi, lalu membangun fasilitas yang sederhana sesuai dengan kebutuhan di kampung tersebut. Target kita hingga tahun 2017, minimal dari lima distrik ini ada dua kampung yang bisa melaksanakan program Stop BABS,” lanjutnya.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan program pembanguna di daerahnya dapat berjalan dengan baik apabila masyarakat hidup di lingkungan yang sehat.

Kementerian Kesehatan RI telah mencanangakan sejumlah program yang berbasis kepada kesehatan masyarakat. Hal ini penting untuk terus melakukan sejumlah program pembangunan yang merata.

“Apalah artinya pembangunan yang direncanakan dengan begitu baik apabila masyarakat kita sendiri tidak sehat,” kata Mathius. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Jayapura Sosialisasi Stop BABS di Beberapa Distrik