Sarana Perikanan Dibangun di Tujuh Kabupaten di Tanah Papua

share on:

Ilustrasi cold storage - Jubi/alibaba.com
Ilustrasi cold storage – Jubi/alibaba.com
Sorong, Jubi – Pemerintah tahun ini membangun sarana prasarana pendukung produksi kelautan dan perikanan di tujuh kabupaten Provinsi Papua dan Papua Barat.

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kementerian Koordinator Bidang Maritim, Agung Kuswandono di Sorong, Senin (5/9/2016) mengatakan pembangunan sarana prasarana tersebut merupakan kebijakan presiden guna menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Ia mengatakan pembangunan sarana prasarana pendukung produksi kelautan dan perikanan itu bersumber dari APBN dan Tugas Perbantuan (TP) Kementerian Perikanan dan Kelautan.

Sarana prasarana yang dibangun berupa satu gudang beku terpadu atau “integrated cold storage” di Kabupaten Yapen, Merauke, Biak Numfor dan Kabupaten Sarmi Provinsi Papua.

Selain itu, kata dia, dibangun pula satu gudang beku tunggal atau “single cold storage” di Kabupaten Mimika dan Kabupaten Asmat Provinsi Papua.

“Sedangkan di Provinsi Papua Barat diberikan satu unit mesin serpihan es atau ice flake machine skala besar bagi Kabupaten Sorong Selatan,” ujarnya.

Ia menyampaikan sarana prasarana pendukung produksi kelautan dan perikanan yang dibangun tersebut tentunya dilengkapi dengan ketersediaan listrik yang memadai agar beroperasi lancar.

Tujuan pembangunan sarana prasarana ini agar nelayan di tujuh daerah Papua itu dapat menyimpan ikan lebih lama untuk peningkatan kesejahteraan mereka.

“Kesejahteraan nelayan itulah yang diupayakan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan agar cita-cita menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia tercapai,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sarana Perikanan Dibangun di Tujuh Kabupaten di Tanah Papua