Sekretaris Jenderal ULMWP: Kami Semakin Optimis

share on:
Octovianus Mote di Majuro, Marshall Islands - Photo: RNZI/Giff Johnson
Octovianus Mote di Majuro, Marshall Islands – Photo: RNZI/Giff Johnson

Jayapura, Jubi – Sekretaris Jenderal Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat (ULMWP), Octovianus Mote, merasa semakin optimis atas meluasnya dukungan dari para pemimpin negeri-negeri Pasifik terhadap perjuangan pembebasan West Papua.

Selama bertahun-tahun para pemimpin gerakan pembebasan Papua telah menggalang dukungan untuk West Papua. Dan diantara semua proses itu, menurut Octo Mote, dukungan dari para pemimpin wilayah Pasifik adalah capaian yang paling membuatnya optimis.

“Saya merasa jauh lebih optimis dari tahun-tahun sebelumnya khususnya menyangkut dukungan dari pimpinan Pacific Islands Forum dalam pertemuan mereka minggu ini di Federated States of Micronesia,” ujarnya seperti dilansir RNZI, Senin (5/9/2016).

Baca juga PCWP Tambah Dukungan untuk Maju ke Komite Dekolonisasi PBB

Dukungan terhadap hak azasi manusia dan hak penentuan nasib sendiri telah digalang diseluruh wilayah kepulauan itu sejak beberapa tahun lalu.

“Tahun lalu, hanya  Melanesian Spearhead Group (MSG) dan Tonga yang mendukung kami, namun tahun ini bertambah sokongan dari negeri-negeri Mikronesia, Polynesia dan Melanesia,” kata dia.

Mote mengaku merasa jauh lebih optimis karena advokasi serius oleh Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasseh Sogavare, yang untuk pertama kalinya menunjuk utusan khusus pemerintah untuk West Papua, Rex Horoi,  dan mendanai pekerjaannya.

Mote menambahkan, Presiden Marshall Islands, Hilda Heine, juga dengan jelas menyatakan dukungannya pada persoalan West Papua. “Bagi negeri itu, hak azasi manusia adalah persoalan utama,” ujarnya.

Mote juga mengatakan persoalan penentuan nasib sendiri West Papua akhirnya akan kembali ke Komite Dekolonisasi PBB untuk ditinjau ulang.

ULMWP meminta Forum Pasifik mendukung seruan kepada PBB untuk meninjau kembali persoalan West Papua.

Sebelumnya isu hak penentuan nasib sendiri West Papua juga mendapat dukungan dari gerakan mahasiswa Maori di Selandia Baru. Beberapa anggota parlemen bahkan telah mengajukan mosi terhadap isu West Papua untuk dibicarakan di parlemen Selandia Baru.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sekretaris Jenderal ULMWP: Kami Semakin Optimis