USAID Kinerja Usai, Pemerintah Diharapkan Bantu Sekolah

share on:

Wamena,  Jubi – Setelah satu tahun bekerja, program USAID Kinerja yang menyokong perbaikan tata kelola layanan pendidikan di Wamena, akan segera berakhir. Pemerintah daerah diharapkan melanjutkan aspek-aspek positif yang telah dihasilkan program tersebut.

Direktur Usaid Kinerja, Elke Rapp (kedua dari kiri), Perwakilan Usaid Indonesia, Ketty Kadarwati (tengah) dan Kepela SDN Wamena, Lisna Hartati (ketiga dari kiri), beserta tim kinerja Papua - JUBI /Wesai H
Direktur Usaid Kinerja, Elke Rapp (kedua dari kiri), Perwakilan Usaid Indonesia, Ketty Kadarwati (tengah) dan Kepela SDN Wamena, Lisna Hartati (ketiga dari kiri), beserta tim Kinerja Papua – JUBI /Wesai H

Direktur USAID Kinerja, Elke Rapp, dalam kunjungan monitoring program bidang pendidikan ke SD Negeri Wamena, mengatakan program tata kelola layanan pendidikan telah dirasakan manfaatnya oleh pihak sekolah di Kabupaten Jayawijaya.

“Pihak sekolah, oleh karena itu, akan menata manajemen sekolah dan memperbaiki diri untuk pelayanan pendidikan,” ujarnya di Wamena, Senin (5/9/2016) dalam kunjungan penanda berakhirnya program USAID Kinerja di Indonesia akhir tahun 2016 nanti.

Elke berharap setelah program berakhir, pimpinan daerah setempat dapat melanjutkan program tersebut, karena pihaknya sebatas memberikan program untuk penguatan kapasitas.

“tugas kami memperkuat kapasitas NGO lokal. Contohnya kerjasama dengan Institute Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (IPPM) dan beberapa LSM lain mungkin bisa dilanjutkan oleh pemerintah,” kata wanita asal Jerman ini.

Program-program yang telah dilaksanakan USAID Kinerja, selain perbaikan tata kelola dan layanan sekolah, juga program Jurnalis Cilik di SD Negeri Wamena.

Sementara itu Kepala SD Negeri Wamena, Lisna Hartati, S.Pd, berharap program semestinya tetap berlanjut, namun dia tidak punya pilihan selain tetap berkomitmen untuk lanjutkan program yang dirasakannya bermanfaat untuk para siswa/i tersebut.

“Dengan ilmu yang sudah diperoleh, kami berkomitmen untuk tetap melanjutkan, termasuk memelihara peran serta masyarakat dalam wadah komite, seperti pembuatan lapangan multifungsi dan paguyuban kelas, dimana para orang tua berpartisipasi langsung,” kata Kepala SD Negeri Wamena itu. (*)

Editor : Zely Ariane
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  USAID Kinerja Usai, Pemerintah Diharapkan Bantu Sekolah