1.000 Ekor Sapi Diperdagangkan di Jayapura Jelang Idul Adha

share on:
ilustrasi sapi untuk Idul Adha (Jubi/Sindung)
ilustrasi sapi untuk Idul Adha (Jubi/Sindung)

Jayapura Jubi – Dinas Perindustrian dan Koperasi memperkirakan 800 hingga 1.000 ekor sapi diperdagangkan di Kota Jayapura untuk hewan korban Idul Adha tahu ini.

Kepala Dinas Dinas Perindustrian dan Koperasi Robert L. N. Awi mengatakan, persediaan hewan untuk Idul Adha di Kota Jayapura cukup dan 90 persen merupakan hewan lokal yang berasal dari Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom.

“Konsumsi daging sapi warga di Kota Jayapura tidak terlalu besar, tetapi akan melonjak permintaan itu pada hari raya kurban,” katanya saat ditemui Jubi, Senin (5/8/2016).

Dibandingkan tahun lalu, permintaan hewan kurban tahun ini lebih sedikit. Robert menduga karena dipengaruhi daya beli masyarakat dan juga gagal panen di beberapa wilayah.

“Tetapi pada H min satu atau H min dua biasanya permintaan itu akan melonjak, namun laporan dari pegawai kami untuk stok di Kota Jayapura relatif aman,” ujarnya.

Selain melakukan pemantauan hewan kurban menjelang  Idul Adha, Disperindagkop juga melakukan pemantauan barang-barang yang beredar di pasar tradisional maupun pasar modern.

“Apabila petugasnya menemukan ada stok pangan, termasuk daging sapi tidak layak edar atau  tidak layak konsumsi, kami akan segera berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kota Jayapura untuk menghentikan peredaran barang tersebut,” jelasnya.

Dikatakannya, sejauh ini berdasarkan laporan dari petugasnya, pihaknya belum menemukan hal-hal yang tidak sesuai aturan.

“Tetapi hal itu tidak mengindikasikan Kota Jayapura aman, kami akan terus melakukan pemantauan terhadap seluruh bahan pangan dan barang beredar, semua itu dilakukan demi keamanan dan kenyaman warga kami di Kota Jayapura,” kata Robert.

Seorang warga Entrop, Kota Jayapura, Edy Purwanto mengaku senang dengan perhatian pemerintah kota mengawasi penjualan hewan di Kota Jayapura.

“Bagi saya ini menunjukan perhatian pemerintah yang besar terhadap kemajemukan Kota Jayapura dan kehidupan beragama, terima kasih untuk Pemkot Jayapura,” ujarnya. (*)

Editor : Syofiardi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  1.000 Ekor Sapi Diperdagangkan di Jayapura Jelang Idul Adha