DPRD: Pemkab Jayapura Jangan Ragu Gunakan Anggaran yang Ditetapkan

share on:

Pemberian nota keuangan perubahan APBD Tahun 2016 oleh Sekda Kabupaten Jayapura Jerry F. Dien kepada Waket II DPRD Kornelis Yanuaring – Jubi/Engel Wally
Pemberian nota keuangan perubahan APBD Tahun 2016 oleh Sekda Kabupaten Jayapura Jerry F. Dien kepada Waket II DPRD Kornelis Yanuaring – Jubi/Engel Wally
Sentani, Jubi – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura Kornelis Yanuaring meminta kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura agar tidak ragu menggunakan anggaran yang sudah ditetapkan bersama.

Hal itu dikatakannya saat pembukaan sidang paripurna IV masa sidang III tentang nota keuangan perubahan APBD tahun anggaran 2016, Selasa (6/9/2016).

Ia mengatakan konsekuensi perubahan anggaran APBD 2016 merupakan perubahan-perubahan baik pada komponen pendapatan dan komponen belanja daerah.

Banyak auditor yang masuk untuk mengontrol dan memeriksa penggunaan anggaran yang telah ditetapkan, baik BPK, KPK, Kejaksaan maupun Polri.

“Dari sisi pengawasan hal ini memang sangat diperlukan tetapi dampaknya pemerintah daerah sendiri yang takut menggunakan anggaran yang telah ditetapkan,” katanya.

Menurut politikus PDI Perjuangan itu ketakutan tersebut berdampak pada meningkatnya Silpa daerah, sebab sejumlah anggaran tidak dimaksimalkan.

Hal yang sama juga terjadi di daerah lain. Oleh sebab itu, dalam rapat kerja nasional pihaknya telah membicarakannya kepada pemerintah pusat.

Sekda Jayapura Jerry F. Dien yang membacakan pidato Bupati Mathius Awoitauw mengatakan eksekutif mengajukan nota keuangan dan rancangan peraturan daerah (raperda) tentang perubahan APBD tahun 2016, yang telah disesuaikan dengan alokasi dana transfer, melalui mekanisme persidangan untuk mendapat legitimasi hukum.

“Tahun ini selain nota keuangan dan raperda APBD tahun 2016, kita juga mengajukan raperda nomor 63 tahun 2014 tentang penyertaan modal daerah pada PT. Bank Pembangunan Daerah Papua, PDAM dan Pruda Baniyau. Hal ini sesuai Permendagri nomor 48 tahun 2016 tentang pedoman penerimaan dana hibah dari pusat kepada pemerintah daerah,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPRD: Pemkab Jayapura Jangan Ragu Gunakan Anggaran yang Ditetapkan