Fraksi Gerindra Minta Segera Bentuk Panwaslu Tingkat Distrik

share on:

Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Jayapura Oktofianus Samon - Jubi/Engel Wally
Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Jayapura Oktofianus Samon – Jubi/Engel Wally
Sentani, Jubi – Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Jayapura Oktofianus Samon meminta kepada panitia pengawas pemilu (panwaslu) setempat segera membentuk panwaslu tingkat distrik.

Belum terbentuknya panwaslu distrik disebutnya berdampak buruk bagi penyelenggaraan pilkada 2017 mendatang.

“Tahapan pilkada sudah berjalan. Kalau tidak ada pengawas yang mengawasi tahapan tersebut tentu akan berdampak negatif bagi pelaksanaan pilkada di daerah ini,” katanya kepada Jubi di Sentani, Selasa (6/9/2016).

Ia mengatakan, tahapan pendaftaran bakal calon non partai sudah dilakukan, dalam prosesnya juga tidak diawasi secara ketat oleh panwas. Untuk itu panwaslu distrik segera dibentuk.

“Proses pendaftaran bakal calon non partai sudah dilaksankan dan sedang dalam tahapan verifikasi data. Proses ini siapa yang mengawasi? Yang jelas dalam prosesnya ada ketentuan-ketentuan sebagai persyaratan yang harus dilalui bakal calon perseorangan. Kalau tidak diawasi maka akan berdampak dalam proses pilkada nanti,” katanya.

Ketua Panwaslu Jayapura Ronald Manoach ketika dikonfirmasi Jubi mengatakan dalam waktu dekat pihaknya menyususn komposisi kepengurusan tingkat distrik. Dana operasional menurutnya tidak memenuhi standar dalam melaksanakan operasional panwas di daerah dengan 19 distrik dan 139 kampung itu.

“Selama ini setelah adanya MoU dengan pemerintah daerah dana hibah yang diberikan ke kita tahap awal sangat sedikit untuk melakukan sejumlah kegiatan operasional,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Fraksi Gerindra Minta Segera Bentuk Panwaslu Tingkat Distrik