Gubernur Papua Dorong Infrastruktur Dasar Kepariwisataan

share on:
Gubernur Papua Lukas Enembe - Jubi/Alex
Gubernur Papua Lukas Enembe – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe mendorong, baik pemerintah provinsi Papua dan mitra pembangunan untuk mempersiapkan fasilitas dan infrastruktur dasar kepariwisataan dan ekonomi kreatif yang representatif.

“Saya akan dorong ini untuk merebut pangsa pasar pariwisata ASEAN yang diperkirakan 7,5 persen (sekitar 10 juta wisatawan, ASIA diperkirakan 32 persen dan Amerika, Eropa, Afrika dan Pasifik yang diperkirakan 22 persen dari pariwisata global pada 2030,” kata Enembe, di Jayapura, Selasa (6/9/2016).

Menurut Enembe, saat ini masyarakat dan pemerintah provinsi Papua serta dunia bisnis diperhadapkan pada peluang sekaligus tantangan pasar bebas untuk bersaing merebut pasaran pariwisata dan ekonomi kreatif dunia.

“Untuk itu, saya dorong kita semua bekerja keras untuk mempersiapkan fasilitas dan infrastruktur dasar kepariwisataan dan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Gubernur katakan, event konferensi internasional keanekaragaman hayati, ekowisata dan ekonomi kreatif harus dimanfaatkan untuk membuat sejarah pergerakan pembangunan taman taman Biodiversitas, taman budaya, pariwisata dan ekonomi kreatif, museum sejarah Wallace, dan melindungi burung cenderawasih dari ancaman kepunahan.

“Ini sebagai wujud menuju kehidupan peradaban baru di Tanah Papua,” kata Enembe.

Sebagai pulau terbesar di Indonesia, ujar Enembe, Papua dikaruniai kekayaan alam dan keragaman ekosistem yang luar biasa, yang terkandung didalam hutan, pesisir dan laut serta mineral di dalam tahan.

“Kekayaan keanekaragaman hayati Papua merupakan separuh dari keanekaragaman hayati Indonesia, khususnya flora dan fauna endemik yang hanya terdapat di pulau ini,” katanya.

Dia menambahkan Papua merupakan habitat bagi 15.000-20.000 jenis tumbuhan (55 persen endemik), 2000 jenis anggrek, 602 jenis burung (52 persen endemik), 125 jenis mamalia (58 persen endemik), dan 223 jenis reptilia dan ampibia (35 persen endemik), 25 jenis ikan air tawar dan 1200 jenis ikan laut serta diperkirakan 150.000 jenis serangga. (*)

Editor : Kyoshi Rasiey
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Gubernur Papua Dorong Infrastruktur Dasar Kepariwisataan