Himbara dan DJP Gelar Sosialisasi Amensti Pajak

share on:

sindung-sosialisasi amnesti pajak
Jayapura, Jubi – Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara), yakni BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BTN menggelar sosialisasi program amnesti pajak atau pengampunan pajak bagi nasabah prioritas di Jayapura, Papua, Selasa (6/9/2016).

Sosialisasi dilakukan bersama Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai rangkaian kegiatan sosialisasi amnesti pajak oleh Himbara dan DJP di berbagai daerah.

“Bank-bank milik negara mendukung program amnesti pajak, kita bisa menjadi titik tolak pertama kepada perbaikan ekonomi untuk negara yang kita cintai ini,” kata CEO Regional Bank Mandiri, Erwan Joko Hermawan dalam sambutan.

Karena itu, tambah Erwan, sebagai bank persepsi, bank-bank anggota Himbara menyiapkan akses layanan di seluruh cabang-cabang bank Himbara. Selain itu, sekaligus memberikan berbagai instrumen produk dan layanan, seperti deposito berjangka, bond, surat utang negara, saham, sukuk, dan lain-lain.

“Semuanya telah disiapkan oleh bank sebagai produk yang dapat dijadikan instrumen investasi untuk wajib pajak,” katanya.

Kepala Kantor Wilayah DJP Papua dan Maluku Eka Kusna Jaya menyangkal isu bahwa program amnesti pajak mengejar wajib pajak yang kecil sehingga menimbulkan keresahan.

“Tidak ada niat dari pemerintah untuk makin mempersulit kehidupan rakyat kecil, amnesti pajak jauh dari niat itu,” katanya.

Ia menambahkan, filosofi awal amnesti pajak adalah jika wajib pajak memiliki kewajiban perpajakan atau khilaf, atau tidak ada berlaku tidak adil kepada negara, maka jika khilaf dan belum dilaporkan pada tahun-tahun sebelumnya, itu pasti dialihkan ke harta.

“Karena itu pemerintah memberikan harta ini yang sudah jadi apartemen, saham mobil, dan silahkan diberesi tarif yang murah hingga September,” katanya.(*)

Editor : Syofiardi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Himbara dan DJP Gelar Sosialisasi Amensti Pajak