Maskapai Trigana Disarankan Ubah Waktu Penerbangan dari Yahukimo

share on:
Ilustrasi Pesawat Trigana yang beroperasi di Papua (IST)
Ilustrasi Pesawat Trigana yang beroperasi di Papua (IST)

Jayapura, Jubi – Maskapai Trigana Air yang melayani rute penerbangan Dekai, Ibu Kota Yahukimo – Sentani, Kabupaten Jayapura disarankan mengubah waktu penerbangan.

Legislator Papua dari Dapil Yahukimo, Yalimo dan Pegunungan Bintang, Yarius Balingga mengatakan, masyarakat enggan melakukan penerbangan dari Dekai-Jayapura pukul 15:00 WIT-16:00 WIT.

“Masyarakat trauma pasca jatuhnya pesawat Trigana Air di Pegunungan Bintang, tahun lalu. Cuaca di daerah pegunungan tengah Papua, termasuk Yahukimo tak menentu. Apalagi disore hari. Jadi kalau bisa maskapai Trigana Air mengubah jadwal penerbangan. Kalau bisa pukul 08:00 WIT-14:00 WIT,” kata Yarius Balingga, Selasa (6/9/2016).

Menurutnya, tak jarang penerbangan dari dan ke Yahukimo ditunda lantaran cuaca yang tak memungkinkan. Cuaca yang awalnya diprediksi tak ada masalah, terkadang berubah mendadak.

“Karena faktor cuaca, jadwal keberangkatan pesawat yang sudah ditentukan akhirnya ditunda. Tak jarang keberangkatan pesawat ditunda hingga keesokan harinya,” ucapnya.

Hal yang sama dikatakan anggota DPR Papua lainnya dari daerah pemilihan di wilayah pegunungan tengah Papua, Emus Gwijangge.

Menurutnya, penerbangan ke wilayah pegunungan tengah Papua tak bisa disamakan dengan daerah lain. Faktor cuaca kerap menjadi kendala.

“Apalagi ke wilayah yang hanya bisa dijangkau dengan pesawat berbadan kecil. Itu harus benar-benar memperhatikan perubahan cuaca. Kalau tidak, resikonya besar,” kata Emus. (*)

Editor : Kyoshi Rasiey
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Maskapai Trigana Disarankan Ubah Waktu Penerbangan dari Yahukimo