Petisi West Papua Masuk Parlemen Selandia Baru

share on:

Jayapura, Jubi – Sebuah petisi yang meminta parlemen Selandia Baru mendesak pemerintah agar bersuara dan bertindak terkait nasib rakyat Papua, diserahkan pada anggota parlemen untuk ditindaklanjuti.

Pala Molisa dan Tere Harrison memberikan petisi terkait West Papua kepada anggota dewan Selandia Baru  Marama Davidson, Lousia Wall, Catherine Delahunty dan Su'a William Sio, Selasa (6/9/2016) - Photo: Supplied
Pala Molisa dan Tere Harrison memberikan petisi terkait West Papua kepada anggota dewan Selandia Baru Marama Davidson, Lousia Wall, Catherine Delahunty dan Su’a William Sio, Selasa (6/9/2016) – Photo: Supplied

Petisi publik yang berhasil mengumpulkan 1367 tandatangan itu diserahkan pada kelompok legislator Partai Buruh dan Partai Hijau Selandia Baru, Selasa (6/9/2016) untuk kemudian dimasukkan ke badan parlemen.

Seperti dilansir RNZI, petisi itu meminta parlemen agar mendesak pemerintah Selandia Baru ikut turun tangan mengatasi situasi pelanggaran HAM di West Papua melalui serangkaian tindakan kongkrit.

Tindakan itu termasuk memberi tekanan pada pemerintah Indonesia agar menegakkan hak-hak orang asli Papua di wilayah West Papua, khususnya hak kebebasan berkumpul dan mengeluarkan pendapat.

Mereka juga menyerukan agar Indonesia mendapat peringatan keras atas penahanan dan intimidasi ribuan orang dalam aksi-aksi damai di West Papua selama dua tahun terakhir ini.

“Termasuk sanksi negara atas penyiksaan dan pembunuhan rakyat West Papua,” demikian petisi yang dikutip RNZI itu.

Lebih lanjut mereka menekan pemerintah Selandia Baru agar ikut mendorong Special Rapporteur PBB tentang Kebebasan Berekspresi untuk dapat berkunjung ke West Papua. Mereka juga memohon Pacific Islands Forum untuk turut mendukung sikap ini dan mengadvokasi persoalan Papua hinga ke badan PBB.

Petisi ini rencananya segera dikirimkan ke Komite Pemilihan Urusan Luar Negeri untuk menjadi bahan pertimbangan.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Petisi West Papua Masuk Parlemen Selandia Baru