250 Peserta Mengikuti Diklat Avsec

share on:

Peserta diklat Avsec Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura ketika menerima materi – Jubi/Engel Wally
Peserta diklat Avsec Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura ketika menerima materi – Jubi/Engel Wally
Sentani, Jubi – Sedikitnya 250 orang mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) Aviation Security (Avsec) oleh Badan Asosiasi Karyawan Karyawati Papua yang bekerja sama dengan Badan Pendidikan dan Latihan Direktorat Jendral Perhubungan Provinsi Papua.

Ketua Umum Badan Asosiasi Karyawan Karyawati Papua Alfred Wally kepada Jubi di Sentani, Rabu (7/9/2016) mengatakan peserta diklat ini telah melewati sejumlah tes dan seleksi ketat. Dari ribuan pendaftar 250 orang dinyatakan lolos seleksi.

“Selain mengangkat harkat dan martabat masyarakat lokal yang ingin menjadi tuan di negeri sendiri, kita memanfaatkan potensi lokal yang masih tersedia. Alhasil 250 orang yang terseleksi dan sekarang mengikuti diklat,” katanya.

Dari 250 peserta ini dibagi dalam 11 gelombang yang akan mengikuti diklat. Tiap gelombang dibagi menjadi 24 orang. Setelah diklat mereka dipekerjakan sebagai petugas Avsec di Bandara Sentani.

“Kegiatan diklat selama 21 hari tiap gelombang. Setelah selesai mereka bekerja di Bandara Sentani dengan tugas dan fungsi masing-masing,” katanya.

Instruktur Avsec Diklat Penerbangan Jayapura Akilla Makanuai mengatakan rekrutmen tenaga Avsec merupakan komitmen Badan Asosiasi Karyawan Karyawati Papua untuk memberdayakan masyarakat lokal yang memiliki potensi lebih.

“Sebagai pelaksana diklat kami merasa hal ini penting untuk diakomodir dan diberi pelatihan sebelum petugas-petugas ini dikerjakan sesuai dengan tugas fungsi mereka nanti,” katanya.

Jenjang-jenjang yang harus dilewati, mulai dari dasar, junir hingga senior. Pihaknya pun akan memberikan dasar-dasar tugas mereka ketika berada di areal vital bandara. Dengan demikian mereka akan mengetahui apa yang harus dilakukan.

“Kita berharap kedepannya harus lebih banyak lagi potensi-potensi lokal yang harus direkrut untuk diberdayakan dalam pekerjaan ini, sehingga visi dan misi Pemkab Jayapura benar-benar diwujudkan,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  250 Peserta Mengikuti Diklat Avsec