Atasi Wabah Penyakit, PNG Bahas UU Tembakau

share on:

Port Moresby, Jubi – Menteri Kesehatan Papua Nugini Michael Malabag telah membuat komitmen untuk mengajukan Undang-Undang Tembakau di parlemen pada sidang parlemen berikutnya untuk mengendalikan konsumsi tembakau.

Ilustrasi rokok. Papua Nugini akan mengajukan UU Tembakau yang membatasi penggunaan tembakau untuk mengatasi penyakit tidak menular. – health.pngfacts.com
Ilustrasi rokok. Papua Nugini akan mengajukan UU Tembakau yang membatasi penggunaan tembakau untuk mengatasi penyakit tidak menular. – health.pngfacts.com

Malabag menyatakan hal itu ketika berlangsung pembukaan resmi Simposium Kesehatan Tahunan PNG ke-52 di Alotau pekan ini dengan tema “Beban Global Wabah Penyakit: Epidemiologi dan Gejala-Gejalanya di PNG” yang dihadiri oleh para tenaga medis.

Menurut dia, gaya hidup dan kebiasaan berelasi dengan penyakit-penyakit yang menjadi pusat perhatian pemerintah PNG saat ini.

Di antaranya, kebiasaan merokok yang berelasi dengan berbagai penyakit.  Departemen yang ia pimpin tengah merumuskan kebijakan-kebijakan dan regulasi-regulasi untuk menyikapi isu-isu ini. “Kami butuh pedoman dan fakta dari para professional,” ujarnya.

Dikutip dari pngfacts.com, lebih dari 4.000 jiwa melayang setiap tahun karena menderita penyakit yang diakibatkan konsumsi tembakau. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Port Moresby merilis laporan itu pada hari anti tembakau beberapa waktu lalu.

Perwakilan WHO PNG, Dr. Pieter Van Maaren mengatakan bahwa setiap tahun lebih dari 4.600 orang di PNG meninggal dunia karena penyakit-penyakit yang disebabkan konsumsi tembakau. Sementara, 1.091.000 anak-anak dan lebih dari 1.658.000 orang dewasa terus terpapar asap rokok setiap hari.

Papua Nugini disebut sebagai negara dengan angka konsumsi tertinggi di kawasan Pasifik dengan lebih dari 44 persen penduduknya merupakan perokok aktif. Pieter mengimbau kepada anak-anak di Papua Nugini bahwa hal itu tidak patut untuk dibanggakan.

Menkes Malabag meyinggung kontribusi organisasi internasional dalam memerangi wabah penyakit di negaranya. Sebagai hasil dari kesepakatan, ia memutuskan untuk membuat menyiapkan Undang-Undang Tembakau sebelum akhir Sidang Parlemen tahun ini. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber : postcourier.com.pg, health.pngfacts.com
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Atasi Wabah Penyakit, PNG Bahas UU Tembakau