Berkas 14 Kursi Sudah Diserahkan ke MRP

share on:
Gubernur Papua Lukas Enembe - Jubi/Alex
Gubernur Papua Lukas Enembe – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan berkas 14 Kursi DPR Papua melalui jalur Otonomi Khusus (Otsus) sudah diserahkan ke Majelis Rakyat Papua (MRP) untuk meminta pertimbangan keaslian orang Papua.

“Soal 14 Kursi sudah diserahkan kepada MRP,” kata Enembe kepada wartawan usai melantik Sub PB PON Kabupaten dan Kota Jayapura, di Jayapura, Rabu (7/9/2016).

Menurut ia, panitiaseleksi (Pansel) 14 kursi yang dipercaya melakukan seleksi, bulan lalu sudah mengajukan nama-nama ke MRP, namun ternyata masa bekerja MRP sudah berakhir. Sehingga selanjutnya, pemerintah pusat kembali memperpanjang masa kerja MRP selama tiga bulan kedepan, sehingga Pansel sudah ajukan kembali.

Di tempat terpisah, Ketua Fraksi Hanura DPR Papua, Yan Mandenas mengatakan pengangkatan 14 Kursi DPRP sampai sekarang masih tarik menarik siapa yang masuk menjadi anggota dewan. Bahkan ada pihak-pihak lain yang ikut bermain untuk menentukannya.

Untuk itu, dirinya menyarankan pemerintah untuk menghentikan proses pengangkatan 14 kursi yang saat ini sedang berlangsung. “Sejak awal kami sudah sampaikan bahwa 14 kursi ini akan bermasalah,” kata Mandenas.

Menurut mandenas, Pemprov Papua sebaiknya mendorong Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) tentang partai lokal Papua agar bisa mendapat legitimasi hukum. “Dengan begitu, 14 kursi melalui jalur Otsus ini dapat diperebutkan oleh partai lokal di Pilkada legislatif 2019 mendatang,” ujarnya. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Berkas 14 Kursi Sudah Diserahkan ke MRP