Fiji Bergabung Dalam GGGI Susul Vanuatu

share on:

Jeju, Jubi – Fiji menjadi negara kedua setelah Vanuatu yang menggabungkan diri dalam inisiatif Global Green Growth Institute (GGGI). Perubahan iklim dan pembangunan berparadigma lingkungan adalah tantangan terbesar yang dihadapi Fiji saat ini.

Diplomat Fiji, Filimone Kau (paling kanan) dalam forum GGGI yang berlangsung di Jeju, Korea Selatan, Selasa (6/9/2016).
Diplomat Fiji, Filimone Kau (paling kanan) dalam forum GGGI yang berlangsung di Jeju, Korea Selatan, Selasa (6/9/2016).

Hal itu disampaikan diplomat Fiji, Filimone Kau di hadapan negara-negara anggota GGGI dalam sesi khusus mengenai Fiji di forum GGGI yang berlangsung di Jeju, Korea Selatan, Selasa (6/9/2016).

Filimone juga menyatakan bahwa tahun 2016 adalah tahun terberat yang dihadapi Fiji karena mengalami bencana badai Winston pada Februari lalu.

Bencana itu mengakibatkan hancurnya banyak sarana infrastruktur publik seperti sekolah, pemukiman, dan juga merenggut banyak nyawa. “Namun, kami berhasil bangkit. Salah satu bukti kebangkitan kami yaitu ketika tim Rugby kami berhasil memenangi medali emas dalam Olimpiade di Rio. Perayaan medali ini di dalam negeri seakan sejenak melupakan derita akibat bencana,” ujar Filimone.

Ia menambahkan, kendati Fiji adalah sebuah negara yang sangat kecil di dunia, namun komitmennya terhadap aksi menghadapi perubahan iklim tidak perlu diragukan. Tahun lalu, Fiji bergabung dengan negara-negara lainnya di Pasifik mempersiapkan Deklarasi Suva yang menegaskan sikap pembatasan penambahan suhu dunia di bawah 1,5 derajat di forum COP21 di Paris. Selain itu, Fiji menjadi negara pertama yang meratifikasi Perjanjian Paris awal tahun ini.

Pada kesempatan itu, Filimone juga menyatakan apresiasinya kepada Amerika Serikat dan Tiongkok yang telah meratifikasi Perjanjian Paris, pekan lalu.

GGGI adalah sebuah organisasi internasional yang mendukung dan mengampanyekan pembangunan ekonomi berkelanjutan di negara-negara berkembang.

Berdiri pada tahun 2012 dalam forum PBB yang membahas tentang pembangunan berkelanjutan di Rio de Jeneiro, GGGI tidak hanya beranggotakan negara, melainkan juga keanggotan individu dan organisasi nonpemerintah yang memiliki visi yang sama tentang pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan. (*)

 

Editor : Lina Nursanty
Sumber : pina.com.fj
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Fiji Bergabung Dalam GGGI Susul Vanuatu