Perdasus Nomor 18 Dinilai Belum Diimplementasikan dengan Baik

share on:

Wakil Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Papua, Sebastian Bame - Jubi/Hengky Yeimo
Wakil Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Papua, Sebastian Bame – Jubi/Hengky Yeimo
Jayapura Jubi – Wakil Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah Papua, Sebastian Bame menilai peraturan daerah khusus (peradasus) nomor 18 tahun 2008 tentang ekonomi berbasis kerakyatan belum diimplementasikan dengan baik.

Dalam perdasus itu disebutkan soal keberpihakan terhadap pengusaha asli Papua dan pemberian modal terhadap orang asli Papua (OAP) serta pendampingan terhadap mereka.

“Perdasus ini dibuat berdasarkan kenyataan hidup orang Papua karena belum sejahtera menurut ketentuan undang-undang otsus. Hingga kini belum diaplikasikan,” katanya kepada Jubi di Abepura, Kota Jayapura, Rabu (7/9/2016).

Ia bahkan menyebutkan soal kebijakan dan keberpihak mengenai OAP, bahwa faktor penghambatnya yaitu DPRP belum menyusun dan melakukan pengawasan terhadap implementasinya.

“Saya mengapresiasi Komisis II DPRP yang sudah menyosialisasikan di Nimbokrang, Jayapura soal ini, tetapi tidak ada eksekutif yang mengontrol. Harus diawasi terus,” katanya.

Menurut dia jika perdasus ini dijalankan dengan baik, maka tak ada kesenjangan ekonomi di masyarakat.

Ia pun meminta agar DPRP dan masyarakat turut mengkawal sosialisasi yang dilakukan DPRP tersebut.

Ketua Pemuda Katolik Kota Jayapura Daniel Ndiwaen Mahuse mengatakan undang-undang dan kebijakan harus berpihak pada OAP.

“Terkadang pengusaha Papua kesulitan dalam mendapatkan akses di bidang pemerintah,” katanya.

Ia bahkan menyarankan agar pemerintah mengintervensi perbankan sesuai amanat undang-undang otsus dalam perdasus tersebut.

“Pemerintah harus intervesi aturan ini. Sampaikan kepada pihak perbankan soal menyalurkan dana otsus di Papua, karena orang Papua mau mendapatkan modal dihambat pihak bank,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Perdasus Nomor 18 Dinilai Belum Diimplementasikan dengan Baik