Rapat Forum Kepulauan Pasifik (PIF) Dimulai di Pohnpei

share on:

Pohnpei, Jubi – Negara-negara anggota Forum Kepulauan Pasifik memulai rangkaian pertemuan tahunan mereka yang ke-47 di Pohnpei, Negara Federasi Mikronesia, Rabu (7/9/2016). Fokus pembahasan PIF akan berkutat pada tantangan perubahan iklim untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan serta beberapa sikap politik terutama terkait Papua Barat.

Suasana pembukaan PIF di Pohnpei, Rabu (7/9/2016). – forumsec.org
Suasana pembukaan PIF di Pohnpei, Rabu (7/9/2016). – forumsec.org

PIF adalah forum yang beranggotakan 16 negara merdeka di wilayah kepulauan Pasifik yaitu Australia, Kepulauan Cook, Negara Federasi Mikronesia, Fiji, Kiribati, Nauru, New Zealand, Niue, Palau, Papua New Guinea, Republik Kepulauan Marshall, Samoa, Kepulauan Solomon, Tonga, Tuvalu dan Vanuatu.

Tema pertemuan tahun ini yaitu “Kecil dan Jauh: Tantangan bagi Pertumbuhan”. Pertemuan itu diawali dengan pertemuan tingkat tinggi para pemimpin negara-negara di Pasifik dan kemudian dilanjutkan dengan pertemuan antara negara-negara Pasifik dengan negara-negara Afrika-Karibia pada hari Kamis (8/9/2016).

Tema “Kecil dan Jauh” itu muncul bukan tanpa kritik. Majalah “Islands Business” menyebut tema tersebut telah melenceng dari tema sebelumnya dan cukup membingungkan.

Dua tahun lalu, dalam pertemuan PIF di Palau, tema yang disuguhkan yaitu “Negara-negara Samudera Luas” yang maknanya sama sekali jauh dari makna terisolasi atau negara kecil di samudera Pasifik.

Agenda utama PIF masih sama dari tahun ke tahun, yaitu masalah perbaikan tingkat kesehatan dan kesejahteraan penduduk negara anggota.

Salah satu bidang yang akan disikapi serius yaitu sektor perikanan. Direktur Jenderal Badan Perikanan (FFA), James Movick mengatakan bahwa para pimpinan negara akan menargetkan perbaikan sektor perikanan dalam lima tahun mendatang.

Perdana Menteri Selandia Baru, John Key dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull dijadwalkan hadir dalam PIF. Mereka akan bertolak ke Pohnpei segera setelah mereka menghadiri Pertemuan Asia Timur (EAS) di Laos.

Sementara, beberapa pemimpin juga dikabarkan akan absen dari pertemuan tersebut, yaitu Presiden Palau Tommy Remengesau yang kini tengah kampanye pemilu dan Perdana Menteri Fiji Frank Bainimarama yang masih memboikot PIF menyusul ketegangan antara dirinya dengan Australia dan Selandia Baru. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber : pina.com.fj, radionz.co.nz
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Rapat Forum Kepulauan Pasifik (PIF) Dimulai di Pohnpei