Sekjen PIF : Australia dan NZ Sangat Menyadari Isu Papua Tak Akan Pernah Hilang

share on:
Sekjen PIF, Dame Meg Taylor bersama Ketua PIF, PM papua new Guinea Peter O'Neill - Jubi/Victor Mambor
Sekjen PIF, Dame Meg Taylor bersama Ketua PIF, PM papua new Guinea Peter O’Neill – Jubi/Victor Mambor

Pohnpei, Jubi – Sekretaris Jenderal Forum Kepulauan Pasifik (PIF) menegaskan isu Papua Barat akan menjadi agenda dalam pertemuan forum di Pohnpei, Negara Federasi Mikronesia minggu ini.

“Isu Papua Barat adalah isu sensitif bagi beberapa pemerintah Pasifik. Tapi ini isu yang perlu diperdebatkan,” kata Dame Meg Taylor, Sekretaris Jenderal PIF kepada Jubi, Rabu (7/9/2016) di Pohnpei.

Ia menambahkan, masalah Papua Barat adalah masalah yang harus diselesaikan karena sangat penting bagi kawasan Pasifik.

“Negara-negara besar di kawasan Pasifik seperti Australia dan Selandia Baru sangat menyadari isu Papua Barat tak akan pernah hilang,” jelas Dame Meg.

Perempuan nasal Papua New Guinea ini mencatat Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasye Sogavare telah menggalang dukungan di negara-negara Melanesia, Polinesia dan Micronesia untuk menjalankan strategi alternatif dalam memastikan isu-isu yang berkaitan dengan Papua Barat digaungkan di tingkat internasional. ”

Pada Forum tahun lalu di Port Moresby, isu Papua Barat adalah salah satu dari lima topik inti yang diusulkan kepada para pemimpin Forum melalui Kerangka Kerja Pacific Regionalisme – mekanisme baru untuk mengembangkan kebijakan regional dan aksi kolektif.

Dalam komunike akhir dari pertemuan puncak para pemimpin Pasifik di Port Moresby, meski menegaskan kembali kedaulatan Indonesia atas dua provinsi Papua, para pemimpin Pasifik menyerukan semua pihak untuk melindungi dan menegakkan hak asasi manusia atas semua warga di Papua dan bekerja untuk mengatasi akar penyebab konflik tersebut dengan cara damai.

Ketut Forum saat ini, Perdana Menteri Papua New Guinea Peter O’Neill mengaku telah mengusulkan forum misi pencari fakta ke Papua Barat namun usulan itu tidak direspon oleh Pemerintah Indonesia. (*)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sekjen PIF : Australia dan NZ Sangat Menyadari Isu Papua Tak Akan Pernah Hilang