APBD Perubahan, Anggaran PON Ditambah 100 Miliar

share on:
Gubernur Papua ketika melepas kontingen Papua untuk mengikuti PON Jawa Barat baru-baru ini-Jubi/Islami
Gubernur Papua ketika melepas kontingen Papua untuk mengikuti PON Jawa Barat baru-baru ini-Jubi/Islami

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua menggelontorkan dana awal untuk anggaran KONI Papua yang akan ikut pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat sebesar Rp 170 miliar melalui APBD provinsi Papua tahun 2016.

Di pembukaan sidang perubahan anggaran yang dilakukan Selasa (6/9/2016) malam di Gedung DPR Papua, pemerintah Papua mengusulkan penambahan untuk anggaran PON sebesar Rp 100 miliar.

Ketua Fraksi Hanura DPR Papua, Yan Mandenas kepada wartawan usai sidang Paripurna DPR Papua, Selasa (6/9/2016) malam menjelaskan, pemerintah Provinsi Papua dalam ABPD 2016 sudah menganggarkan Rp 170 miliar untuk pemusatan latihan/training center (TC).

“Jumlah anggaran yang diusulkan ini selain membiayai kontingen Papua, mungkin sudah termasuk dengan bonus bagi atlet peraih medali di PON Jawa Barat nanti,” ujar Yan Mandenas.

Untuk itu Yan menegaskan bahwa anggaran yang besar ini, hendaknya dapat digunakan baik oleh kontingen maupun KONI. Bahkan dia pun meminta, agar masyarakat dapat ikut mengawasi anggaran ini, apabila ditemukan ada penyelewengan, maka laporkan ke pihak berwajib bahkan sampai ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kapolda Papua selaku ketua kontingen harus awasi penggunaan dana ini dengan baik. Selain itu, kami mewanti-wanti KONI Papua untuk tidak melakukan pembelian medali emas di PON Jabar. Jangan sampai kita beli medali emas, itu tidak bisa dibenarkan, jadi saya minta semua pihak kita sama-sama awasi anggaran untuk pelaksanaan kegiatan kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jawa Barat,” tegasnya.

Sekretaris Umum KONI Papua, Yusuf Yambe Yabdi membenarkan saat ini anggaran yang tersedia di KONI Papua tersisa Rp. 100 miliar.

“Anggaran KONI untuk PON tahun 2016 totalnya sebesar Rp. 170 miliar. Dimana sudah terpakai Rp 70 miliar, sehingga masih tersisa Rp. 100 miliar,” ungkapnya. (*)

Editor : Kyoshi Rasiey
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  APBD Perubahan, Anggaran PON Ditambah 100 Miliar