Distan Jayapura Sosialisasi “Juleha” Jelang Idhul Adha

share on:

Distan Kabupaten Jayapura dan MUI ketika melakukan sosialisasi Juleha di Sentani – Jubi/Engel Wally
Distan Kabupaten Jayapura dan MUI ketika melakukan sosialisasi Juleha di Sentani – Jubi/Engel Wally
Sentani, Jubi – Menjelang hari raya Idul Adha 1427 H Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Jayapura menyosialisasikan “Jurus Sembelih Halal” atau Juleha bagi umat muslim.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Distan Jayapura Adorina Wompere mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman agar dapat menyembelih hewan kurban dengan baik.

“Menyembelih hewan kurban itu ada bagian-bagian penting yang harus diperhatikan dengan baik, misalnya dalam proses sembelih ada tiga urat besar (eksofagus, kerongkongan dan vena) yang harus dipotong secara bersamaan. Tidak boleh terpotong satu per satu,” katanya di Sentani, Kamis (8/9/2016).

Menurut dokter spesialis hewan ini menyembelih hewan yang tidak benar akan berdampak terhadap hasilnya, maka sosialisasi dilakukan dengan praktik sembelih hewan di salah satu masjid di Sentani.

“Misalnya dari ketiga urat yang besar tadi dipotong satu persatu maka dengan jelas terlihat hewan yang disembelih akan tersiksa. Selain itu juga hewan tersebut akan berada dalam posisi stres sebelum mati. Sudah tentu mutu daging akibat hewan yang stres akan terasa tidak nikmat ketika dikonsumsi,” katanya.

Maka dari itu “Juleha” dianggap penting bagi umat muslim yang merayakan hari kurban.

“Sosialisasi juleha diikuti seluruh pengurus masjid di Jayapura. Kami juga mengundang MUI untuk menjelaskan perihal sembelih kurban menurut ajaran Islam,” katanya.

Pengurus masjid Al-Aqsa Sentani La Kadir mengatakan sosilisasi yang dilakukan Distan cukup bermanfaat bagi umat muslim.

“Soal sembelih hewan kurban, biasanya dilakukan dengan cara dan aturan yang sudah ditetapkan dalam kitab suci Alquran. Tetapi tidak semua mengetahui hal ini. Melalui sosilisasi ini umat muslim dapat mengetahui cara melakukannya dengan baik dan benar menurut ajaran Islam,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Distan Jayapura Sosialisasi “Juleha” Jelang Idhul Adha