Gubernur : Papua Miliki Supermarker Alam

share on:
Gubernur Papua Lukas Enembe Didampingi Staf Mengunjungi Pameran Hayati - Jubi/Alex
Gubernur Papua Lukas Enembe Didampingi Staf Mengunjungi Pameran Hayati – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan Papua memiliki ‘supermarket’ ekosistem yang begitu kaya, dimana hewan bersama habitatnya, mulai dari terumbu karang, rumput laut, mangrove, savana, hutan dataran rendah, padang rumput alpin dan gletser atau es.

“Provinsi ini merupakan ‘supermarket’ alami untuk warga Papua dalam hal penyediaan oksigen, air, energi, makanan, ikan, obat-obatan, pariwisata, bahan bangunan, dan identitas budaya yang kesemuanya tersedia gratis, kata Enembe, di Jayapura, Kamis (8/9/2016).

Dari ekosistem yang ada, ujar Enembe, ternyata 75 persen penduduk Papua (sekitar 3,0 juta orang) bergantung langsung pada komunitas organik tumbuhan, hewan bersama habitatnya yang ada di hutan maupun laut.

“Dari 75 persen, 50 persennya menjadi mata pencaharian masyarakat,” ujarnya.

Menanggapi itu, Gubernur Enembe mengimbau seluruh masyarakat Papua untuk menjaga dan melestarikan ekosistem yang ada. Sebab kehadirannya akan memberikan jasa yang besar bagi kepentingan lokal, regional bahkan global.

“Intinya saya mau katakan ekosistem Papua ini membawa kualitas hidup baik kesehatan manusia, air minum, kesejahteraan, makanan, tetapi juga banjir dan kekeringan maupun pemanasan global,” kata Enembe.

Dia menambahkan Papua saat ini menjadi mega biodiversitas atau memiliki keanekaragaman hayati yang besar dan melimpah di wilayah Indonesia dan dunia. Artinya Papua menyimpan lima puluh persen dari keanekaragaman hayati Indonesia khususnya flora dan fauna endemik Papua.

“Hendaknya keanekaragaman hayati Papua ini dijaga supaya menjadi modal pembangunan ekonomi kreatif hijau dan ekonomi kreatif biru yang sangat potensial, guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tanah ini,” tutupnya. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Gubernur : Papua Miliki Supermarker Alam