Kepolisian Fiji Amankan Dokter Palsu

share on:

Suva, Jubi – Kepolisian Fiji mengamankan seorang pria yang mengaku sebagai dokter praktik. Sang dokter dilaporkan pasiennya pengidap penyakit kelainan jantung yang diberi resep obat batuk.

Ilustrasi. Kepolisian Fiji amankan seorang pria yang menjadi dokter palsu. - sampit.prokal.co
Ilustrasi. Kepolisian Fiji amankan seorang pria yang menjadi dokter palsu. – sampit.prokal.co

Juru bicara kepolisian, Ana Naisoro mengatakan bahwa pria tersebut langsung diamankan setelah sebelumnya mereka menerima laporan dari Kepala Sekretariat Persatuan Dokter dan Dokter Gigi Fiji, Dharmesh Prasad.

“Pasien melaporkan dokter palsu tersebut dan kami langsung berkoordinasi dengan Departemen Investigasi Kriminal di Kepolisian sampai kami dapat menangkap pria tersebut,” ujar Dharmesh.

Sang dokter palsu beroperasi dengan cara keliling ke rumah-rumah penduduk memberikan pertolongan medis. Ia meminta biaya sebesar 75 dolar per kunjungan kepada pasien. Kadang, banyak juga warga desa yang datang ke tempatnya untuk berobat.

“Ia mengaku mendapat pendidikan kedokteran di Israel dan ia mengaku memiliki alat-alat kedokteran yang dapat mendeteksi penyakit dan ternyata salah semua,” ujar Ana.

Dharmesh Prasad mengatakan bahwa sang dokter palsu memberikan resep obat batuk bagi pasien penderita kelainan jantung. Pasien tersebut mencurigai dokter palsu dari caranya memegang stetoskop. Pasien tersebut lalu menanyakan kredibilitas dokter yang bernama Siti Waqa itu kepada Dharmesh. Dari situlah, diketahui bahwa tidak ada dokter bernama Siti Waqa di Fiji. “Ia tidak terdaftar di sekretariat kami,” ujar Dharmesh. (*)

 

Editor : Lina Nursanty
Sumber : Fiji Sun
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kepolisian Fiji Amankan Dokter Palsu