KPU Diminta Segera Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilih

share on:

Ilustrasi logo panwaslu - Jubi/ist
Ilustrasi logo panwaslu – Jubi/ist
Jayapura, Jubi – Panitia pengawas pemilukada (panwaslu) Kota Jayapura meminta kepada KPU setempat agar segera menyosialisasikan [emutakhiran data pemilih secepatnya.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kota Jayapura, Yakobus Muraver mengatakan bulan ini dilakukan tahapan pemutakhiran data, dan pencalonan waktu hampir bersamaan dalam satu bulan ini.

“Kami akan mengawasi semua tahapan penyelenggara proses pemilu sehingga KPU diminta untuk melakukan tahapan sesuai dengan aturan perundang-undangan yang ada,” katanya kepada Jubi di Jayapura, Selasa (6/9/2016).

Ia mengatakan hingga kini bahkan belum ada sosialisasi dari KPU Kota Jayapura terkait pemutakhiran data. Sementara tahapan proses sosialisasi pencalonan melalui jalur partai dan tahapan kinerja KPU sudah disosialisasikan 31 Agustus lalu di Abepura.

“Terakhir yang sudah dilakukan oleh KPU ialah sosialisasi terkait dengan pencalonan partai politik sedangkan untuk pemutahiran data pemilih KPU belum disosialisasikan kepada masyarakat,” katanya

Dari segi pemutakhiran data KPU harus hati-hati dalam melakukan kerja karena sangat beda jumlah DP4 beda dengan jumlah suara.
Jumlah untuk DP4 303 ribu lebih, sementara DPT pemilihan presiden berjumlah 343 ribu sementra dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura berjumlah 491.870.

“Jadi, ada selisi 43.000 lebih harus diverifikasi baik,” katanya.

Menurut dia data itu harus dimutakhirkan dulu sebab ada perbedaan signifikan pada pilkada 2014.

“Kami menemukan sedikit perbedaan jumlah data pemilih, sehingga Panwas belum memiliki jumlah DPT dari KPU kendalanya tapi kami sudah menyuratinya sehingga KPU harus melakasanakan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan tahun 2010 tahun 2016,” katanya.

Ketua KPU Kota Jayapura Yermias Numberi mengatakan pihaknya bakal menyinkronkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) saat pemilihan presiden (pilpres) tahun 2014 dengan DPT pemilihan kepala daerah (pilkada) Kota Jayapura tahun 2017.

“Dengan jumlah orang yang terdata sebanyak 344.523 dapat disinkronkan dengan data KPU kota untuk pemuktahiran data pemilih,” kata Yermias.

Sesuai peraturan perundang-undangan yang baru syarat pemlih harus terdaftar. Apabila tidak terdaftar maka warga menunjukkan KTP elektronik agar bisa
mengikuti pemilihan pada 15 Februari 2017. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KPU Diminta Segera Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilih