Buton Utara Kembangkan Hutan Mangrove

share on:

Kendari, Jubi – Pemerintah Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara, mengembangkan potensi hutan mangrove seluas 16.000 hektare sebagai kawasan wisata mangrove terbesar di provinsi itu.

Ilustrasi hutan mangrove. Pemerintah Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara, mengembangkan potensi hutan mangrove seluas 16.000 hektare sebagai kawasan wisata mangrove terbesar di provinsi itu. - greatbuton.blogspot.com
Ilustrasi hutan mangrove. Pemerintah Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara, mengembangkan potensi hutan mangrove seluas 16.000 hektare sebagai kawasan wisata mangrove terbesar di provinsi itu. – greatbuton.blogspot.com

Bupati Buton Utara Abu Hasan di Kendari, Jumat (9/9/2016), mengungkapkan ekosistem mangrove yang masih asri tersebut, dapat bernilai ekonomis bagi masyarakat setempat jika dikelola secara profesional.

“Kawasan hutan mangrove itu, saat ini sedang dilakukan penelitian oleh Lembaga Penelitian Universitas Haluoleo Kendari dan akan dilaporkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan,” katanya.

Mantan Kepara Biro Humas dan Ortala Setda Provinsi Sultra itu, mengatakan selain dapat menjadi potensi wisata alam, kawasan hutan mangrove juga direncanakan sebagai lokasi pembudidayaan kepiting bakau yang potensinya dinilai besar di wilayah itu.

Sejauh ini, katanya, potensi wisata di Buton Utara terbilang cukup besar, hanya saja pengelolaannya belum optimal karena draf rencana induk pengembangan pariwisata daerah setempat belum ditetapkan.

Selain kawasan hutan mangrove, katanya, potensi wisata di daerah pemekaran Kabupaten Muna itu, di antaranya wisata sejarah benteng keraton, wisata budaya permainan seni tradisional, serta wisata alam danau, dan air terjun.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Buton Utara juga mengembangkan tiga sektor unggulan yang bisa menjadi penggerak perekonomian di daerah itu.

Ketiga sektor unggulan itu, adalah pertanian, perkebunan, dan perikanan.

Ia menjelaskan dengan mengandalkan tiga sektor tersebut, bisa menjadikan Buton Utara sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di jazirah Sultra.

Pemerintah Kabupaten Buton Utara juga terus berupaya membangun infrastruktur jalan dan jembatan untuk memudahkan akses masyarakat dalam pengembangan berbagai potensi sumber daya alam. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Buton Utara Kembangkan Hutan Mangrove