Pelatihan K-13 untuk Guru-Guru Dogiay

share on:
Pelatihan Kurikulum 13 (K-13) Guru-guru SMP di Dogiyai (8/9/2016) - JUBI/Agust Tebai
Pelatihan Kurikulum 13 (K-13) Guru-guru SMP di Dogiyai (8/9/2016) – JUBI/Agust Tebai

Dogiyai, Jubi – Pelatihan Kurikulum 13 (K-13) kepada guru-guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Dogiyai diharapkan dapat mengejar ketertinggalan sekolah-sekolah di Dogiyai dari sekolah-sekolah di kota.

Guru-Guru  Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-Kabupaten Dogiyai mengikuti pelatihan kurikulum tahun 2013 , di Aula SMPN 1 Kamuu,  Kabupaten Dogiyai, Kamis, (8/9/2016).

Pelatihan Kurikulum 2013 ini secara resmi dibuka oleh Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dogiyai, Anton Degei.

Ketua panitia Pelaksana Pelatihan k-13,  Ayub Toni, mengatakan pelatihan ini akan diikuti oleh 42 guru – guru SMP se-Kabupaten Dogiyai.

Kegiatan ini mengambil fokus penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penilaian dan pengisian rapor dan penerapannya terhadap peserta didik.

“Pelatihan ini dilakukan agar mengetahui kurikulum 2013 yang sedang berlaku. Juga agar sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Dogiyai sama dengan sekolah-sekolah luar Papua, yang telah menerapkan kurikulum 2013,” ujarnya.

Anton meminta agar guru-guru dapat benar-benar memahami kurikulum yang berlaku ini. Walau sekolah-sekolah di Dogiyai masih jauh tertinggal dengan daerah kota, Anton meyakini bahwa para guru pasti bisa.

“Jangan karena kita di pedalaman jadi tidak bisa, kita mesti menganggap bahwa kita juga bisa seperti mereka,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Pelaksana Kurikulum K-13 , Petrus Dogomo, menambahkan Kurikulum 13 (K-13) harus sampai ke pelosok, sehingga mau tidak mau, guru-guru harus dibekali terlebih dulu, agar dapat menerapkannya kepada peserta didik dengan baik.

Setelah menerima materi, lanjut Dogomo, guru dapat berperan aktif dan menyosialisasikannya kepada teman-teman guru maupun peserta didik lainnya di sekolah.

“Kegiatan pelatihan ini akan berlangsung tiga hari, mulai hari Kamis (8/9) hingga Sabtu, (10/9),” kata Dogomo. (Agus Tebai)

Editor : Zely Ariane
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pelatihan K-13 untuk Guru-Guru Dogiay