Pemkab Merauke Bahas Target Tanam Lahan Pertanian

share on:
Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Merauke, Bambang Dwiatmoko. Jubi/Frans L Kobun
Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Merauke, Bambang Dwiatmoko. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Pemerintah Kabupaten Merauke di Provinsi Papua mengagendakan pembahasan target tanam dan luasan lahan pertanian tahun 2017 pada bulan September 2016 ini.

“Yang pasti bulan ini sudah dibahas penetapan sasaran, luas tanam panen produksi musim tanam 2016/2017 dan musim tanam 2017,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Merauke R Bambang Dwiatmoko, di Merauke, Jumat (9/9/2016).

Pembahasan target tanam dan luasan lahan itu, kata dia, melibatkan gabungan kelompok tani (gapoktan), petugas penyuluh lapangan (PPL), bintara pembina desa (babinsa), dan kepala kampung.

“Kami dorong musyawarah dimulai dari tingkat kampung, distrik lalu finalisasi di kabupaten. Selanjutnya ditetapkan dalam surat keputusan bupati untuk masing-masing kampung,” ujarnya lagi.

Beberapa jenis hortikultura yang dibahas dan menjadi prioritas pengembangan di daerah itu, seperti padi, kacang kedelai, jagung, ubi jalar, dan ubi kayu serta sayur-mayur.

“Target tanam setiap kampung disesuaikan dengan potensi komoditas yang ada, sehingga kami tetap jaring melalui aspirasi di masyarakat,” katanya pula.

Menurut dia, jika iklim tidak mempengaruhi maka target tanam tahun depan pastinya baik sebagaimana yang terjadi pada tahun 2016.

Sebelumnya, ia mengatakan petani di kabupaten itu telah melampaui terget tanam padi, musim kedua tahun 2016 yang ditetapkan pemerintah pusat sebesar 17 ribu hektare.

“Kami melampaui target yang diberikan secara nasional, sekarang sudah mencapai 18 ribu hektare lebih. Jadi nanti akan dihitung sampai dengan akhir September sesuai periode musim tanam yaitu April-September,” katanya pula. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Merauke Bahas Target Tanam Lahan Pertanian