5 Anak Aibon Masuk Sekolah Formal SMP SATAP Wasur

share on:
Anak-anak aibon sedang didampingi salah seorang guru saat kegiatan belajar mengajar beberapa waktu lalu. Jubi/Frans L Kobun
Anak-anak aibon sedang didampingi salah seorang guru saat kegiatan belajar mengajar beberapa waktu lalu. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Dari 50-an anak-anak aibon yang mengikuti pendidikan sekolah non formal  selama ini, lima diantaranya telah diantar hingga masuk di sekolah formal di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Satu Atap (SATAP) Terintegrasi Wasur-Merauke. Kelimanya secara resmi telah masuk  sekolah dan bergabung dengan siswa-siswi lain mengikuti proses belajar mengajar.

Salah seorang Guru Aibon, Polikarpus Boli kepada Jubi Senin  (12/9/2016) mengungkapkan, kelima anak tersebut, tidak diragukan kemampuannya. “Saya jamin mereka  akan betah mengikuti proses belajar mengajar di SMP Satap Wasur,” ujarnya.

Kelima anak  itu, demikian Polikarpus, sebelumnya  telah mengikuti pendidikan non formal dan terakhir mendapatkan ijazah paket. “Ya,  memang dari 50 anak aibon yang mengikuti proses belajar mengajar selama ini, baru lima sudah dihantar masuk ke jenjang pendidikan  SMP,” katanya.

Kelima anak itu, telah diminta agar tinggal langsung di Asrama SMP/SMA Satap Wasur. Hanya saja, baru satu  tinggal. Sedangkan empat lain masih bersama keluarga. “Saya sedang membujuk sekaligus meminta mereka agar lebih baik tinggal di asrama.  Maksudnya lebih memudahkan dilakukan kontrol,” tuturnya.

Kepala Sekolah SMP/SMA Satap Wasur, Sergius Womsiwor menambahkan, kurang lebih dua tahun, pihaknya memberikan kepercayaan kepada dua orang guru dari SMP/SMA Satap Wasur  mendampingi anak-anak pada sore hari. Ada beberapa metode yang diterapkan kepada anak-anak. TIdak hanya proses belajar mengajar melulu.

“Betul bahwa tahu ini ada  lima anak masuk di sekolah formal untuk melanjutkan  studinya. Mereka bisa menulis dan membaca dengan baik, setelah dilakukan pendampingan secara terus menerus selama ini,” katanya. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  5 Anak Aibon Masuk Sekolah Formal SMP SATAP Wasur