Para Pelayar Asing Disambut Meriah di Pulau Saronde

share on:

Gorontalo, Jubi – Sembilan kapal layar “yacht” dari lima negara berlabuh di Pulau Saronde, Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Lima Negara yang terdiri dari Kanada, Amerika Serikat, Selandia Baru, Australia, dan Inggris itu tengah mengikuti Sail To Indonesia.

Sembilan kapal layar "yacht" dari lima negara berlabuh di Pulau Saronde, Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.  -- sarondeislands.com
Sembilan kapal layar “yacht” dari lima negara berlabuh di Pulau Saronde, Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. — sarondeislands.com

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat, Frits Ano, pada Minggu (11/12/2016) di Gorontalo, mengatakan bahwa para peserta “rally yacht” itu berangkat dari Pelabuhan Kinabalu di Malaysia, lalu mereka tiba di perairan utara Gorontalo tepat pukul 10.00 Wita.

Frits mengatakan bahwa pihaknya sudah lama mempersiapkan penyambutan peserta rally yacht yang memang sudah dipastikan singgah di Pulau Saronde.

Seperti halnya tahun 2015 lalu, penyambutan secara adat yang di antaranya menampilkan tarian saronde khas Gorontalo Utara, pun dihadirkan pada tahun ini. “Ini tahun kedua para peserta rally yacht singgah di Pulau Saronde, sehingga atraksi kebudayaan termasuk memperkenalkan kuliner Gorontalo sangat diprioritaskan” ujarnya.

Pimpinan rombongan rally yacht dari Selandia Baru, Jason, mengatakan bahwa rombongannya sangat kagum dengan keindahan Pulau Saronde, sehingga mereka berencana akan tinggal lebih lama.

“Pulau ini sangat indah, maka dari itu kami memutuskan akan berada di pulau ini selama lima hari sambil menunggu kapal-kapal lainnya,” ujar Jason.

Jason tak menyangka penyambutan pemerintah daerah setempat sangat luar biasa, sehingga para peserta rally yacht bersepakat untuk tinggal lebih lama di pulau ini kemudian akan melanjutkan perjalanan ke titik singgah berikutnya.

Rencananya mereka tidak hanya akan menikmati keindahan Pulau Saronde, namun juga mengunjungi beberapa objek wisata di darat, termasuk menyaksikan prosesi pemotongan hewan kurban di hari raya Idul Adha 1437 Hijriah yang dipusatkan di Mesjid Agung Baiturrahim, Moluo. (*)

 

 

Editor : Lina Nursanty
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Para Pelayar Asing Disambut Meriah di Pulau Saronde