Pierantozzi, Satu-satunya Perempuan Jadi Capres Palau

share on:

Palau, Jubi – Senator Sandra S. Pierantozzi menjadi satu-satunya perempuan yang maju sebagai kandidat presiden dalam pemilu Palau. Pierantozzi akan melawan tiga kandidat lainnya yang terdiri dari petahana dan dua kerabat petahana.

Senator Sandra S. Pierantozzi menjadi satu-satunya perempuan yang maju sebagai kandidat presiden dalam pemilu Palau. – palauwaveradio.com
Senator Sandra S. Pierantozzi menjadi satu-satunya perempuan yang maju sebagai kandidat presiden dalam pemilu Palau. – palauwaveradio.com

Pierantozzi akan bertarung dalam pemilu pendahuluan pada 27 september mendatang.

Dua kandidat terkuat akan melaju ke pemilu 1 November 2016 untuk menentukan pemenangnya.

“Saya maju melawan petahana (presiden Palau, Tommy Remengesau) yang telah menguasai seluruh pemerintah Republik Palau, dan saya juga melawan Suranger Whipps Jr yang berasal dari keluarga jutawan dan merupakan adik ipar presiden, dan saya melawan wakil presiden petahana (Antonio Bells),” ujarnya.

Pierantozzi yang kini berusia 63 tahun itu mengaku dirinya memiliki sumber daya yang sangat terbatas. Namun, ia memiliki pengalaman dan cinta untuk rakyat Palau. “Saya ingin menciptakan perubahan,” katanya.

Dalam sebuah pertemuan dengan para pendukungnya di Saipan, Sabtu (10/9/2016) lalu, Pierantozzi mengatakan dirinya merasa ada sesuatu yang salah dengan pilihan kandidat presiden dalam pemilu kali ini. “Makanya saya bilang, hey! Saya orang luar lingkaran kekuasaan dan kita lihat apa yang akan terjadi,” ucapnya.

Meski tantangan dan lawannya cukup berat dalam pemilu ini, Pierantozzi mengaku optimistis dan ia berharap akan ada kesempatan bagi perempuan untuk menjadi presiden Palau. “Ada kesempatan bagi perempuan menjadi presiden di negara-negara lain di dunia. Kenapa tidak di Palau?” katanya.

Pierantozzi mengawali karirnya pada tahun 2002 ketika ia menyelenggarakan beasiswa pendidikan bagi pemuda-pemudi Palau. Ia lalu terpilih menjadi anggota Senat Palau. Pada tahun 2001 hingga 2004, ia ditunjuk menjadi Menteri Kesehatan Palau dan menjadi menteri sekretaris negara pada tahun 2009-2010.

Manajer kampanye Pierantozzi, Joel Toribiong mengatakan bahwa sejauh ini mereka mendapat respon positif dari rakyat Palau di Houston, Portland, Honolulu, Guam, dan Saipan. “Dia benar-benar berbeda dari kandidat lainnya, dia mau menciptakan perubahan, dia anti narkoba, banyak pengalaman, dan dia merepresentasikan Palau di luar Palau,” ujarnya. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber : pina.com.fj
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pierantozzi, Satu-satunya Perempuan Jadi Capres Palau