41 Calon Anggota DPRP Jalur Otsus Diminta Tak Bernafsu

share on:
Gubernur Papua Lukas Enembe - Jubi Doc
Gubernur Papua Lukas Enembe – Jubi Doc

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe meminta 41 calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua jalur Otonomi Khusus (Otsus) untuk tidak bernafsu merebut 14 kursi.

“Dari 42 nama yang terseleksi, tinggal 41 nama dan masih akan saring lagi hingga 14 nama. Jangan semua nafsu untuk jadi anggota 14 kursi, itu terbatas dan dapilnya juga terbatas,” kata Lukas Enembe kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.

Menurut Gubernur, sebenarnya dirinya bisa melakukan penunjukan, hanya semua  harus melalui mekanisme, sehingga siapa yang dinilai memenuhi persyaratan akan duduk di 14 kursi DPRP jalur Otsus.

“Kalau dilihat hampir secara keseluruhan nama yang masuk dari partai politik, karena saya lihat rata rata LMA atau masyarakat adat, tapi dia pengurus atau pun anggota partai. Hanya satu orang saja yang murni masyarakat adat yakni Ramses Ohee,” ujarnya.

Sebelumnya, Majelis Rakyat Papua (MRP) menggelar pleno guna memberi pertimbangan pengangkatan orang asli Papua (OAP) dalam 14 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) selama dua hari Selasa (6/9/2016) dan Rabu (7/9/2016) di Aula Kantor MRP.

Ketua MRP, Timotius Murib mengatakan, sudah cukup lama publik menunggu hasil ini dan menanti pertimbangan yang dilakukan MRP. Oleh karena itu kata dia segera memberikan hasil tersebut kepada Panitia Seleksi (Pansel) Provinsi Papua.

“Baru hari ini Pansel Provinsi Papua menyerahkan dokumen kepada kami. Sebenarnya, waktu lalu pada 11 April 2016, Pansel juga serahkan kepada kita tetapi karena MRP juga berakhir pada 12 April 2016 maka dokumen itu tidak berlaku. Maka dengan masa perpanjangan ini, Pansel kembali menyerahkan dokumen yang baru dengan nama calon dari masing-masing wilayah adat,” kata Timotius Murib kepada wartawan, Rabu (7/9/2016).

Dia menambahkan pihaknya tidak memberikan keputusan kepada calon legislatif melalui mekanisme pengangkatan, siapa yang masuk menjadi anggota di dalam masing-masing wilayah adat. Tetapi MRP punya kewenangan memberi pertimbangan dan persetujuan dari keaslian saja yaitu OAP. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  41 Calon Anggota DPRP Jalur Otsus Diminta Tak Bernafsu