Baru 300 Koperasi Terdata di Jayapura

share on:
Kepala Disperindagkop Kota Jayapura, Robert L. N. Awi – Jubi/Munir
Kepala Disperindagkop Kota Jayapura, Robert L. N. Awi. – Jubi/Munir

Jayapura, Jubi – Dinas Perindustribusian, Perdagangan, dan Koperasi Kota Jayapura, Provinsi Papua, hingga kini masih terus mendata koperasi yang masih beroperasi di daerah itu karena sebagian sudah tidak lagi beroperasi.

Kepala Disperindagkop Kota Jayapura Robert L.N. Awi mengatakan, baru 300 koperasi yang sudah terdaftar di Disperindakop Kota Jayapura. Sebanyak 100 koperasi di antaranya rutin melaksanakan rapat tahunan.

“Sebanyak 100 koperasi ini sudah lama beroperasi di Jayapura, sejak 1970, jumlahnya pasti bertambah dan mereka rutin melaksanakan rapat dan beroperasi, angka pastinya kami belum tahu sementara kami lakukan pendataan,” ujarnya di Jayapura, Selasa (13/9/2016).

Dia menjelaskan, sebagian dari total koperasi di Jayapura sudah tidak aktif, antara lain karena konflik internal.

Konflik internal itu, misalnya ketidakcocokan dan perbedaan pendapat, serta visi-misi antara pengurus dan anggota koperasi berbeda sehingga menimbulkan konflik yang berujung pada bubarnya koperasi.

Selain itu, masalah modal juga mengakibatkan koperasi tidak lagi beroperasi. Pengurus koperasi gagal mengelola koperasi, terutama manajemen keuangan.

Meski demikian, Disperindagkop Kota Jayapura akan terus melakukan pendataan terhadap koperasi yang masih beroperasi dan ke depan akan mendampingi agar berkembang.

“Setiap tahun kami lakukan diklat untuk pengurus koperasi di Kota Jayapura, tiap tahun kami akomodir 20-30 pengurus untuk mengikuti pelatihan terkait pengelolaan koperasi,” ujarnya. (*)

Editor : Syofiardi
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Baru 300 Koperasi Terdata di Jayapura