Dana Desa Sebaiknya untuk Pengembangan Ekonomi Kerakyatan

share on:
Ilustrasi
Ilustrasi

Jayapura, Jubi – Legislator Papua bidang ekonomi kerakyatan dan perkebunan, Mustakim menyarankan pemerintah kabupaten/kota dan kepala kampung/lurah di Papua agar dana desa yang digelontorkan Kementerian Desa memprioritaskan program ekonomi kerakyatan dengan cara mengembangkan potensi yang dimiliki.

Ia mengatakan, setiap wilayah di Papua memiliki produk unggulan. Misalnya saja di wilayah pegunungan Papua ada buah merah dan kopi. Di daerah pesisir ada kakao. Potensi itu perlu dikelolah secara baik agar bisa menjadi sumber pendapatan masyarakat.

“Banyak potensi yang bisa dikembangkan dengan menggunakan anggaran dana desa, maka penggunaannya memerlukan perencanaan yang matang. Kira-kira apa program yang benar-benar bisa bermanfaat dan hasilnya dirasakan masyarakat,” katanya kepada Jubi pekan lalu di Jayapura.

“Kita semua itu kembali kepada kebijakan pengelola anggaran. Apakah program yang direncanakan hasilnya bisa dirasakan masyarakat secara kontinu atau tidak,” lanjutnya.

Terpisah, legislator Papua lainnya, Natan Pahabol mengingatkan para kepala kampung di Papua tak menyalahgunakan dana desa yang diberikan pemerintah pusat.

“Dana desa itu untuk membiayai program di kampung. Bukan untuk dipakai bersenang-senang,” kata Natan.

Natan mengatakan kepala distrik hingga kepala daerah harus serius mengawasi penggunaan dana desa. Para kepala kampung pun harus diarahkan agar mempergunakan dana ini sesuai petunjuk teknis.

“Dana itu harus digunakan dengan baik dan tepat sasaran. Pemerintah daerah juga jangan hanya asal menurunkan dana ke kampung tanpa sosialisasi dan memberikan pemahaman yang baik kepada para pihak yang akan mengelola dana itu,” katanya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dana Desa Sebaiknya untuk Pengembangan Ekonomi Kerakyatan