Didukung 3 Parpol, Samuel Tabuni-Obed Gwijangge Deklarasi Maju Pilkada Nduga

share on:
Design Baliho pasangan Cabup dan Cawabup Kabupaten Nduga, Samuel Tabuni & Obed Gwijangge - Jubi/IST
Design Baliho pasangan Cabup dan Cawabup Kabupaten Nduga, Samuel Tabuni & Obed Gwijangge – Jubi/IST

Jayapura, Jubi – Setelah memastikan dukungan dari partai politik (parpol) untuk maju pada pilkada serentak tahun 2017 di Kabupaten Nduga, akhirnya pasangan Samuel Tabuni-Obed Gwijangge mendeklarasikan diri di Kenyam, Nduga, Selasa (13/09/2016).

Calon Bupati Nduga, Samuel Tabuni kepada wartawan mengungkapkan pihaknya siap maju karena mengantongi dukungan dari 3 Parpol. “Kami sudah mendapat dukungan dari 3 partai pendukung, siap mendeklarasikan diri maju dalam Pilkada 2017,” ungkap Samuel di Jayapura, Senin (12/09/2016).

Tiga Partai Politik tersebut adalah Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dengan 2 kursi, Partai Hanura sebanyak 2 kursi, dan PDI Perjuangan sebanyak 1 kursi. Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya sudah memenuhi kuota untuk mengusung calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Kabupaten Nduga mendatang.

Ia menuturkan, acara deklarasi dilakukan dengan sederhana karena itu merupakan ungkapan syukur dari masyarakat setempat setelah perjuangan mendapatkan dukungan untuk maju Pilkada.

“Intinya kegiatan ini sederhana dan tidak provokatif. Sebab hanya dilakukan dengan berkumpul bersama dan berdoa, mengucap syukur atas pertolongan Tuhan selama pengurusan di partai hingga bisa mendapat rekomendasi dan maju dalam Pilkada,” ujar Samuel.

Dia juga menyinggung terkait program unggulan pasangan ini. “Orang Nduga harus cerdas, semua harus bersekolah, semua harus bisa membaca, tetapi orang Nduga juga harus sehat, tidak ada lagi yang meninggal karena kekurangan obat ataupun kekurangan tenaga medis,” ujarnya yang menyadari bahwa banyak catatan buruk kesehatan di kabupaten tersebut.

Sejak tahun 2013 hingga saat ini, pihaknya memiliki ratusan jiwa masyarakat Nduga yang meninggal dunia akibat tidak adanya perecanaan kesehatan yang terkoordinir oleh kepala daerah yang sekarang ini, karena kurang begitu aktif dalam mengatasi masalah objektif dilapangan.

Sebelumnya, Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Papua, Matius Awoitauw menegaskan, dukungan yang diberikan pihaknya merupakan hasil dari survei yang telah dilakukan.

“Masyarakat percaya kepada para calon tersebut karena dinilai selama mereka memimpin ada perubahan yang diberikan kepada daerah dan masyarakat,” ujar Matius.

“Jadi nama-nama yang kita usung sudah ada dan ini sudah keputusan DPP. Seperti Kota Jayapura, kita dukung BTM; Kepulauan Yapen dukungan kepada Toni Tesar; Lanny Jaya kita dukung Befa Yigibalom; dan Nduga dukungan diberikan kepada Samuel Tabuni. Sementara kabupaten lainnya kita masih menunggu perkembangan,“ kata Bupati Kabupaten Jayapura ini.

Sementara itu, pengurus Partai NasDem Pusat Bidang Hukum, Advokasi dan HAM, Taufik Basari, mendukung juga mendukung pencalonan tersebut.

“Partai Nasdem ingin melakukan perubahan menuju Indonesia baru dan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. Sehingga kepada calon kandidat kepala daerah di Papua, diharapkan dapat membangun dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat di daerahnya,” kata Basari.(*)

 

Editor : Zely Ariane
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Didukung 3 Parpol, Samuel Tabuni-Obed Gwijangge Deklarasi Maju Pilkada Nduga