Gubernur Papua Inginkan Pilkada 2017 Berjalan Mulus

share on:
Gubernur Papua Lukas Enembe Saat Berbincang Dengan Beberapa Staf - Jubi/Alex
Gubernur Papua Lukas Enembe Saat Berbincang Dengan Beberapa Staf – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe menginginkan pelaksanaan Pilkada serentak gelombang kedua 11 kabupaten, di Papua pada Februari 2017 berjalan tanpa hambatan.

“Saya tidak ingin kejadian Mamberamo Raya terjadi di Pilkada gelombang kedua ini,” kata Lukas Enembe kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.

Untuk Pilkada kedua, ujar Enembe, pemerintah Provinsi Papua bersama KPU, Bawaslu, Kepala Daerah, dan TNI/Polri di 11 daerah penyelenggara telah melakukan pertemuan sebanyak dua kali guna memastikan persiapan masing masing daerah, terutama masalah anggaran.

“Kami saat ini terus bicara soal Pilkada 11 daerah. Saya tidak mau kejadian seperti Pilkada 2015 di 11 kabupaten, terus terang Yahukimo itu bermasalah sehingga pemerintah provinsi harus membiayai. Saya tahu karena saya kirim uang Rp8 miliar kesana, itu baru terjadi di provinsi ini,” ujarnya.

“Kami mau tidak terjadi seperti itu di 11 kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada serentak di 2017. Negara sudah tidak punya uang,” tambahnya.

Gubernur Enembe tekankan, saat ini situasi keuangan Papua sedang memprihatinkan dengan adanya pemangkasan anggaran, sehingga sangat diharapkan Pilkada gelombang kedua harus efektif dan efisien.

“Jangan seperti Mamberamo Raya yang dua kali PSU, itu berapa anggaran yang dikeluarkan pemerintah daerah. Saya tidak mau terulang di 2017,” kata Enembe.

Gubernur meminta semua institusi di 11 daerah yang akan melaksanakan Pilkada 2017 untuk tenang dan menjalankan dan melaksanakan demokrasi yang benar.

“Jangan aneh aneh akibatnya mengorbankan daerah sendiri. Saya harap mulai sekarang 11 kabupaten ini kita bicarakan terus, tidak boleh terjadi seperti Mamberamo, APBD kita habis hanya untuk Pilkada,” tutupnya.

Diketahui, 11 daerah yang akan melaksanakan Pilkada 2017 yakni, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Sarmi, Nduga, Lanny Jaya, Mappi, Kepulauan Yapen, Tolikara, Intan Jaya, Puncak Jaya, dan Dogiyai. (*)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Gubernur Papua Inginkan Pilkada 2017 Berjalan Mulus