RAMSI Diapresiasi dalam PIF

share on:

Pohnpei, Jubi – Forum Kepulauan Pasifik (PIF) di Negara Federasi Mikronesia mengapresiasi kinerja Misi Regional Pasifik di Kepulauan Solomon (RAMSI) yang akan mengakhiri masa tugasnya Juni tahun depan. Negara-negara PIF juga menyelamati Kepulauan Solomon atas keberhasilan mengembalikan stabilitas keamanan.

Koordinator RAMSI, Quinton Devlin. -- pina.com.fj
Koordinator RAMSI, Quinton Devlin. — pina.com.fj

Mereka sepakat bahwa RAMSI adalah contoh kerjasama sukses di kawasan Pasifik yang juga memperkuat kerjasama kawasan dan pembangunan kapasitas sektor keamanan.

“Karena para pemimpin PIF telah memberikan otoritas pada RAMSI pada tahun 2003 dan seluruh 15 anggota PIF berkontribusi dalam perwujudan keamanan di Kepulauan Solomon,” ujar Koordinator RAMSI, Quinton Devlin.

Quinton menambahkan bahwa kini kepolisian Kepulauan Solomon (RSIPF) telah mampu menjalankan tugasnya dan merespon secara cepat terhadap segala laporan tindak kriminal dan gangguan keamanan lainnya yang mengancam keamanan nasional.

“Kebutuhan akan bantuan keamanan dari 15 negara hampir berakhir,” ujarnya.

Para pemimpin PIF juga mendukung langkah Australia dan Selandia Baru yang akan memperpanjang bantuan keamanan setelah RAMSI berakhir.

Bantuan tersebut berupa pembangunan kapasitas RSIPF, sepanjang dilakukan di bawah koordinasi pemerintah Kepulauan Solomon.

Dalam komunike yang ditandatangani para pemimpin itu, mereka juga mengapresiasi pemerintah Kepulauan Solomon karena telah dianggap sukses mengatasi ketegangan etnik di dalam negerinya dengan cara-cara yang kooperatif.

Melalui Komite Rekonsiliasi dan Kebenaran yang dibentuknya, Pemerintah Kepulauan Solomon di antaranya memprioritaskan penyelesaian masalah dengan inisiatif reformasi agrarian, reformasi lembaga legislatif, pembangunan ekonomi dan proses pemulihan sosial pascakonflik.

RAMSI adalah kerjasama antara Kepulauan Solomon dengan 15 negara anggota PIF yang bergerak di bidang pelatihan kepolisian, pembangunan infrastruktur keamanan dan kepolisian yang bekerja di bawah kepemimpinan Australia dari 2003 hingga 30 Juni 2017.

Para menteri luar negeri PIF menggambarkan RAMSI sebagai contoh dari kerjasama diplomasi Pasifik yang gemilang. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber : pina.com.fj
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  RAMSI Diapresiasi dalam PIF