Tiga Oknum Polisi di Sorong Terancam Dipecat

share on:

Ilustrasi logo Polri – Jubi/polri.go.id
Ilustrasi logo Polri – Jubi/polri.go.id
Manokwari, Jubi – Tiga oknum polisi di Polres Sorong terancam dipecat karena diduga merekayasa barang bukti kasus narkoba jenis sabu-sabu milik pelaku berinisial FW.

Penyidikan kasus tindak pidana rekayasa barang bukti yang dilakukan mantan Kasat Reserse Narkoba Polres Sorong, Iptu FA ini diduga karena diiming-imingi sejumlah uang.

“Rekayasa barang bukti narkoba milik tersangka (terpidana) FW sebanyak 20 gram sabu menjadi 2 gram sabu untuk meringkan hukuman FW di persidangan,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Polda Papua Barat, AKBP Hary Supriyono ketika dikonfirmasi Jubi, Sabtu (10/9/2016).

Ia menambahkan bahwa hal ini berdasarkan hasil gelar perkara di Polda Papua Barat belum lama ini.

Menurut Hary, dari awal sudah ada itikad tidak baik tersangka Iptu FA dalam menangani kasus tersebut dengan tujuan lain. FA diduga diiming-imingi sejumlah uang dari FW untuk meringankan hukuman dengan modus membantu anak oknum pejabat.

Namun di balik semua inisiatif mantan Kasubag Humas Polres Sorong itu tersembunyi dugaan keinginan melakukan pungutan liar yang memperkaya diri sendiri. Sementara 18 gram sabu yang disembunyikan FA dijadikan sebagai pajangan di lemari kerjanya.

“Barang bukti ada, gak dijual. Dipajang di lemari kerjanya saja. Ada apa di balik itu? Ya, ada iming-iming imbalan karena merekayasa jumlah narkoba 20 gram menjadi 2 gram sabu,” katanya.

Akibat kebijakan mantan Kasat Narkoba Polres Sorong Iptu FA ini terpidana FW hanya dihukum 2,6 tahun penjara. Kini terpidana sedang menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Sorong.

Sementara Iptu FA bersama dua penyidik pembantunya terpaksa mendekam di hotel pro deo untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.
Mereka akan menjalani sidang di pengadilan umum. Setelah hakim memvonis dan dikatakan ingkrah serta mempunyai kekuatan hukum tetap, maka mereka akan menghadapi sidang kode etik di Polda Papua Barat.

Sekretaris LSM Barapen Rahman Kabes mendesak adanya pemeriksaan intensif terhadap ketiga oknum polisi tersebut. Rahman menduga masih ada orang lain selain tiga oknum ini. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tiga Oknum Polisi di Sorong Terancam Dipecat