Bentuk Keluarga Sejahtera, BKKBN Kerja Sama dengan PKK

share on:
Kepala BKKBN Wilayah Papua, Charles Brabar – Jubi/Roy Ratumakin.
Kepala BKKBN Wilayah Papua Charles Brabar. – Jubi/Roy Ratumakin

Jayapura, Jubi – Untuk membentuk keluarga yang sejahtera sesuai dengan harapan masyarakat Papua, Badan Kependudukan dan Kaluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Papua melakukan kerja sama dengan Penggerak PKK dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMD).

Kepala BKKBN Wilayah Papua Charles Brabar mengatakan, penandatangan kerja sama atau MoU (Memorandum of Understanding) telah dilakukan beberapa waktu lalu.

“Kami membangun kerjasama karena kedua lembaga ini berorientasi kepada program-program pro rakyat yang menyentuh langsung pada kesejahteraan,” kata Charles kepada Jubi di ruang kerjanya, Rabu (14/9/2016).

Ia berharap dengan kerja sama BKKBN bisa menyuarakan program Keluarga Berencana sesuai kearifan lokal untuk memberikan kualitas keluarga di tanah Papua.

“Jangan sampai masyarakat memahami kami mengembangan program KB untuk membatasi kelahiran, padahal masyarakat asli Papua menginginkan banyak anak, BKKBN mengembangkan program KB hanya untuk mengatur jarak kehamilan, sehingga keluarga tersebut berkualitas dalam taraf hidupnya,” ujarnya.

Terpenting dalam mengawasi program KB secara keseluruhan, katanya, bagaimana bergandengan tangan untuk mewujudkan keluarga berkualitas. Karena itu harus intes melakukan komunikasi kepada masyarakat.

“Sekali lagi, kami bukan membatasi, tetapi memberikan pemahaman kepada keluarga terutama kepada pria untuk mengatur jarak kehamilan pada ibu, sehingga kesehatan ibu juga bisa terjaga,” katanya.

Sebelumnya Direktorat Ketahanan Lansia BKKBN Indonesia, Dra. Widati mengatakan, kerjasana yang dibangun BKKBN sangat positif karena membangun keluarga yang berkualitas bukan hanya tanggung jawab BKKBN.

“Saya berharap kerjasama ini bisa berjalan dengan baik, karena membentuk keluarga berkualitas harus dimulai dari membangun keluarga yang dimulai dari balita, anak-anak, hingga lansia,” katanya.

Untuk itu ia berharap kepada mitra kerja agar bisa bersinergi dengan dinas-dinas lain sehingga bisa terwujud bina keluarga yang baik. (*)

Editor : Syofiardi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bentuk Keluarga Sejahtera, BKKBN Kerja Sama dengan PKK