Bulog Tawarkan Pedagang Ikut Rumah Pangan Kita

share on:
Operasi pasar  gula yang dilakukan Bulog Papua dan Papua Barat beberapa waktu lalu. –Dok. Bulog
Operasi pasar gula yang dilakukan Bulog Papua dan Papua Barat beberapa waktu lalu. –Dok. Bulog

Jayapura, Jubi- Badan Urusan Logistik Divisi Regional Papua dan Papua Barat menawarkan kerja sama kepada pedagang yang ingin ikut Rumah Pangan Kita (RPK) Bulog Papua dan Papua Barat.

Kepala Bidang Komersil Bulog Papua dan Papua Barat Firmansyah mengatakan, Bulog membuka diri kepada pedagang mana pun yang ingin membantu mendistribusikan produk-produk dari dari Bulog.

“Yang terpenting harus menjual sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang kami tentukan, kami tidak mau ada barang Bulog dijual di luar harga yang telah kita tentukan,” ujarnya.

Untuk saat ini, kata Firmansyah, Bulog Papua masih memprioritaskan penjualan beras premium dan gula. Ke depan akan ada beberapa komoditas lainnya seperti di daerah lain di Indonesia.

“Kami juga kemarin mencoba mengeduksi masyarakat dengan mendatangkan daging kerbau, tetapi sudah habis terjual dan kini masih ada daging sapi beku,” katanya.

Terkait dengan gula, pihaknya akan terus melakukan operasi pasar dan menjual bersama RPK yang sudah terdaftar. Namun ia menghimbau agar masyarakat bisa membeli gula langsung ke BulogMart.

“Sejak 1 September lalu kita jual per kg gula pasir dari Rp13 ribu menjadi Rp12.500 dan banyak masyarakat yang membeli,” ujarnya.

Ia mengaku tak bisa mempengaruhi harga gula di pasaran yang masih Rp18 ribu, bahkan Rp20 ribu per kg. Menurutnya hal itu kehendak pasar.

“Tapi kami berusaha paling tidak harga gula di pasaran akan turun seiring upaya kita mengedukasi masyarakat, silahkan masyarakat beli gula kami, kami jual dengan harga Rp12.500 per kg,” katanya.

Ibrahiem Wairoy, Kabid Operasi Pelayanan Publik menambahkan, upaya yang dilakukan Bulog tidak semudah membalikkan telapak tangan.

“Kami akan terus berupaya menormalisasi harga gula, sampai seberapa ya paling tidak serendah-rendahnya,” katanya.  (*)

Editor : Syofiardi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bulog Tawarkan Pedagang Ikut Rumah Pangan Kita