Dana Sisa Pilkada akan Dibayar Usai Sidang APBD Perubahan

share on:

Sekda Kota Jayapura, R.D. Siahaya (kanan) bersama penjabat wali kota Jayapura saat pembahasan APBD belum lama ini - Jubi/Hengky Yeimo
Sekda Kota Jayapura, R.D. Siahaya (kanan) bersama penjabat wali kota Jayapura saat pembahasan APBD belum lama ini – Jubi/Hengky Yeimo
Jayapura, Jubi – Anggaran untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) Kota Jayapura tahun 2016 yang belum digelontorkan aakan diserahkan ke penyelenggara usai sidang pembahasan APBD Perubahan.

Hal itu ditegaskan Sekda Kota Jayapura R.D. Siahaya di Jayapura, Rabu (14/9/2016).

“Kalau minggu depan akan diselesaikan APBD P-nya, maka sudah pasti semua angaran itu harus diserahkan kepada penyelenggara,” katanya.

Menurut dia saat ini pihaknya menyerahkan sebanyak Rp 18 miliar kepada KPU, Panwas, yang sudah diserahkan pasca APBD Induk sebesar Rp 750 juta dari permintaan Panwas Rp 4, 1 miliar.

Sementara yang dimintai KPU Rp 52 miliar sudah diserahkan Rp 18 miliar, dan juga pihak keamanan di dalam APBD induk itu baru diploting Rp 500 juta dari yang ditargetkan Rp 6 miliar; Rp 5 miliar untuk Polresta dan Rp 1 miliar untuk TNI. “Maka semua sisanya itu ada di APBD P nantinya,” katanya.

Ia mengakui poses untuk mendukung pilkada dalam hal keuangan itu sudah ada penyelesaian NPHD-nya. “Tingal direalisasinya saja,” katanya.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Papua mengundang Pemkot Jayapura bersama 11 kabupaten lainnya serta penyelenggara pilkada untuk menanyakan kesiapan pilkada.

“Pemerintah Kota NTHD-nya sudah ditandatangani semua komponen yang menyelengarakan pilkada, yaitu KPU, Panwas dengan pihak keamanan (TNI/Polri),” katanya.

Ia pun mengimbau agar warga kota ini tidak golput dalam pilkada nanti. Maka dari itu, pihaknya melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil gencar melakukan perekaman e-KTP kepada warga yang belum melakukan perekaman. Ribuan penduduk sidah memiliki e-KTP.

Warga Kota Jayapura Imanuel Awi mengharapkan agar pilkada di kota ini berjalan aman dan lancar.

Ia juga mengharapkan agar KPU dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan aturan dan tugas pokok dan fungsinya. (*)

Editor : Timoteus Marten
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dana Sisa Pilkada akan Dibayar Usai Sidang APBD Perubahan