Dinkes Papua Kirim Tim ke PON XIX Jawa Barat

share on:
Kepala Dinas Kesehatan Papua, drg. Aloysius Giyai - Jubi/Roy Ratumakin.
Kepala Dinas Kesehatan Papua, drg. Aloysius Giyai. – Jubi/Roy Ratumakin

Jayapura, Jubi – Dinas Kesehatan Provinsi Papua mengirimkan tim kesehatan ke arena Pekan Olahraga Nasional (PON) IX di Bandung, Jawa Barat. Tim dikirim untuk mempelajari manajemen kesehatan untuk persiapaan PON 2020 di Papua.

Sekretaris Dinas Kesehatan Papua dr Silvanus Sumule mengatakan, tim dikirim untuk melakukan studi banding. Tim diketuai Kepala Dinas Kesehatan Papua, drg. Aloysius Giyai dengan anggota 15 orang.

“Tim ini juga melibatkan sejumlah kepala bidang dan staf keperawatan di beberapa rumah sakit di Papua,” ujarnya di Jayapura, Rabu (14/9/2016).

Tujuan pengiriman tim, kata Sumule, bagaimana mengetahui secara langsung cara dan mekanisme tata cara kegiatan PON untuk masalah penanganan kesehatan.

“Contohnya evakuasi, apabila ada atlet yang trauma atau bagimana penanganan tentang kasus doping,” katanya.

Selain itu, bagimana manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan, pengorganisasian sarana-prasarana menyangkut mobil ambulance, dan penatalaksanaan jika terjadi atlet mengalami cacat.

“Respon positif diberikan Dinas Kesehatan Jawa Barat dan kami siap untuk melakukan hal tersebut,” ujarnya.

Sumule mengatakan tim pertama akan berangkat dari Jayapura menuju Jakarta, kemudian Bandung pada Kamis (15/9/2016). Sedangkan tim kedua berangkat Jumat (16/9/2016). Di Bandung tim akan dibagi tugas, ada yang khusus belajar manajemen kesehatan, juga ada yang melakukan pengamatan,” katanya.

Di tempat terpisah kepala rombongan, drg. Aloysius Giyai yang juga Kepala Dinas Kesehatan Papua mengatakan, studi banding yang mereka lakukan di Bandung bertujuan mendukung pelaksanaan PON XX 2020 nanti di Papua.

“Ini moment tepat untuk kami lakukan studi banding, jangan tinggal satu atau dua tahun baru kita lakukan studi banding, moment PON XIX Bandung kami ambil karena sekaligus bisa praktek lapangan, karena tim kesehatan Papua akan langsung bekerja bersama tim kesehatan Jawa Barat dalam penangan kesehatan bagi atlet-atlet PON di Bandung,” katanya. (*)

Editor : Syofiardi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dinkes Papua Kirim Tim ke PON XIX Jawa Barat