Disdik: Izin PAUD Bisa Dicabut Jika Tak Ikuti Aturan

share on:
Suasana belajar sambil bermain di PAUD Sekolah Anak Bijak (SAB) Kota Jayapura – Jubi/Roy Ratumakin.
Suasana belajar sambil bermain di PAUD Sekolah Anak Bijak (SAB) Kota Jayapura. – Jubi/Roy Ratumakin.

Jayapura, Jubi – Bidang Pendidikan PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Dinas Pendidikan Kota Jayapura terus melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).Di antara yang diawasi adalah fasilitas gedung dan pelayanan di PAUD.

Kepala Bidang Pendidikan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kota Jayapura, Cliford Korwa mengatakan, ada empat jenis layanan PAUD, penitipan anak, satuan PAUD sejenis seperti masjid dan gereja, Kelompok Belajar, dan Taman Kanak-kanak (TK).

“Kami melakukan pengawasan untuk peningkatkan layanan PAUD, karena di Kota Jayapura sendiri ada sekira 160 PAUD, terdiri dari 70 TK dan 90 PAUD mulai dari kelompok 3-5 tahun,” katanya kepada Jubi di Jayapura, Selasa (13/9/2016).

Selain melakukan pengawasan, katanya, Disdik juga sudah lakukan pembenahan kurikulum. Sesuai kurikulum, waktu belajar di PAUD dalam seminggu 30 jam belajar, satu hari enam jam, dan setiap jamnya 30 menit.

Ia menghimbau pendidik di PAUD untuk wajib hukumnya mengikuti ketentuan yang dikeluarkan pemerintah daerah terkait izin operasionalnya. Untuk bagian pengawasan, PAUD wajib memberikan laporan bulanan ke Disdik.

“Ada beberapa kasus yang kami temui di mana ada PAUD yang masih satu atap dengan pengelola PAUD itu sendiri, artinya sekolah tersebut masih menjadi rumah pendidik PAUD, ini harus dihindari karena kesannya tidak baik untuk tumbuh kembang anak usia dini,” katanya.

Ia mengatakan Disdik sudah mencabut izin dua sekolah PAUD pada 2014 karena tidak mengikuti aturan.

Seorang wali murid di salah satu KB/TK di Kota Jayapura, Maria Agnes mendukung penertiban PAUD yang tidak boleh digabung dengan rumah tinggal pengelola.

“Kesannya tempat tersebut bukan sekolah namun tempat tinggal, saya berharap tidak ada PAUD yang melakukan hal tersebut,” harapnya. (*)

Editor : Syofiardi
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Disdik: Izin PAUD Bisa Dicabut Jika Tak Ikuti Aturan