ExxonMobil dan Oil Search Dapat Kontrak Baru di PNG

share on:

Port Moresby, Jubi – Perusahaan minyak raksasa asal Amerika Serikat, ExxonMobil dan perusahaan minyak asal Australia, Oil Search telah menandatangani kontrak eksplorasi tambang lepas pantai di Papua Nugini.

Logo Oil Search. -- naturalgasasia.com
Logo Oil Search. — naturalgasasia.com

Kedua perusahaan tersebut akan masing-masing bekerjasama dengan Gini energy sebagai operator yang dimiliki perusahaan minyak Tiongkok, CNOOC Ltd.

Direktur Oil Search, Peter Botten mengatakan mereka tertarik berinvestasi di titik tersebut setelah mendapat laporan studi komprehensif tentang peluang eksplorasi di Papua Nugini.

“Area ini juga memiliki potensi cadangan gas alam yang sangat besar dengan beberapa titik bernilai multi triliun kubik gas,” katanya.

Peter mengatakan bahwa pihaknya sangat senang bekerjasama dengan ExxonMobil yang telah berpengalaman di bidang eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi di air laut dalam.

“Kami pun sangat menyambut kerjasama pertama kami dengan CNOOC,” katanya.

Pola kerjasama seperti yang dilakukan Oil Search dengan ExxonMobil dinilai sebagai upaya membagi risiko yang bisa ditempuh perusahaan minyak seperti Oil Search.

Peter mengatakan pola yang sama telah menolong Oil Search untuk terus eksplorasi dan eksploitasi tambang tanpa keluar uang terlalu besar.

Kontrak kerjasama ini meliputi area kurang lebih 25 ribu kilometer persegi. Jarak dari Port Moresby sekitar 150 kilometer ke arah selatan dan kedalaman 1000-2500 meter di bawah permukaan laut. (*)

Editor : Lina Nursanty
Sumber : postcourier.com.pg
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  ExxonMobil dan Oil Search Dapat Kontrak Baru di PNG