Frans Kaisepo di Pecahan Rp10.000, Simbol NKRI untuk Papua

share on:
Frans Kaisepo ditetapkan jadi pahlawan nasional yang akan menghiasi gambar pecahan mata uang Rupiah pecahan 10.000 - IST
Frans Kaisepo ditetapkan jadi pahlawan nasional yang akan menghiasi gambar pecahan mata uang Rupiah pecahan 10.000 – IST

Jayapura, Jubi – Kepala Perwakilan BI Provinsi Papua, Joko Supratikto menyatakan bahwa Frans Kaisepo akan menjadi pahlawan nasional asal Papua pertama yang ditampilkan dalam gambar uang rupiah pecahan Rp10.000.

“Untuk pahlawan (Papua) memang baru pertama kali, tapi di uang logam pernah ditampilkan gambar Burung Cenderawasih yang merupakan satwa endemik asli Papua,” ujarnya di Jayapura, Rabu (14/9/2016).

Menurut dia hal ini mempertegas komitmen Indonesia untuk Papua sebagai salah satu daerah yang tidak boleh lepas dari bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Mudah-mudahan ini membawa kebaikan bagi Papua pada umumnya dalam bingkai NKRI,” katanya.

Namun Joko mengaku hingga kini belum ada informasi pasti mengenai waktu peredaran uang rupiah terbaru tersebut.

“Beredarnya akan diumumkan lebih lanjut, tapi diperkirakan akhir tahun ini,” ujarnya lagi.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo menetapkan gambar 12 pahlawan nasional sebagai gambar utama uang rupiah NKRI.

Sekretariat Kabinet menyatakan sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada pahlawan nasional, pemerintah perlu mencantumkan gambar pahlawan nasional sebagai gambar utama bagian depan uang rupiah kertas dan uang rupiah logam NKRI.

Untuk itu, pada 5 September 2016 Presiden menandatangani Keppres Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional Sebagai Gambar Utama Pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam NKRI.

Frans Kaisepo adalah salah satu dari 11 pahlawan yang masuk dalam keputusan tersebut.  Sepuluh lainnya adalah Dr (HC) Ir Soekarno dan Dr (HC) Drs Mohammad Hatta, Ir H Djuanda Kartawidjaja, Dr GSSJ Ratulangi, Dr KH Idham Chalid, Mohammad Hoesni Thamrin, Tjut Meutiah, Mr I Gusti Ketut Pudja, Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang, Dr Tjipto Mangunkusumo, dan Prof Dr Ir Herman Johanes.(*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Frans Kaisepo di Pecahan Rp10.000,  Simbol NKRI untuk Papua