Kementan Tugaskan NTB Tanam Jagung 400 Ha

share on:

Mataram, Jubi – Kementerian Pertanian (Kementan) menugaskan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menanam jagung seluas 400 hektare pada musim tanam 2016/2017 sebagai bagian dari upaya mengurangi impor komoditas tersebut.

Kementerian Pertanian menugaskan Pemprov NTB Tanam Jagung. -- cybex.pertanian.go.id
Kementerian Pertanian menugaskan Pemprov NTB Tanam Jagung. — cybex.pertanian.go.id

“Sesuai direktif Menteri Pertanian, NTB diminta memperluas lahan jagung hingga 400 hektare,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Nusa Tenggara Barat (NTB) Husnul Fauzi, di Mataram, Rabu (14/9/2016).

Perintah memperluas areal tanam jagung, kata dia, didasarkan pada realisasi tanam jagung pada musim tanam 2015/2016 yang mencapai 194.071 hektare (ha) atau 111,40 persen dari target 174.211 ha.

Seluruh areal tanam tersebut masuk dalam kategori lahan sawah yang tersebar di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

Sementara lahan bukan sawah belum digarap secara optimal untuk ditanami jagung, meskipun produksinya tidak sebanyak di lahan sawah.

Merujuk dari data statistik, kata Husnul, luas lahan bukan sawah di NTB, yang potensial sebagai lahan tanam jagung mencapai 1.43 juta ha yang terdiri lahan tegal/kebun, ladang/huma, perkebunan, hutan rakyat, padang rumput dan hutan negara.

“Lahan bukan sawah ini lah sebagai alternatif perluasan areal jagung,” ujarnya. (*)

 

Editor : Lina Nursanty
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kementan Tugaskan NTB Tanam Jagung 400 Ha