Natuman: Dukungan Melanesia Ke Papua Kuat

share on:
Deputi Perdana Menteri Photo: RNZI / Kim Baker-Wilson
Deputi Perdana Menteri Photo: RNZI / Kim Baker-Wilson

Jayapura, Jubi – Deputi Perdana Menteri Vanuatu menegaskan dukungan kuat kalangan rakyat Melanesia kepada rakyat West Papua akhirnya diwujudkan melalui respon kawasan yang lebih terkoordinir.

Joe Natuman, seperti dilansir Radio New Zealand Internasional/RNZI, Senin (12/9/2016), mengakui adanya perbedaan pendekatan terhadap Papua di kalangan pemerintah-pemerintah Melanesian Spearhead Group (MSG) terkait keanggotaan penuh United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

Hal itu menurutnya disebabkan oleh banyaknya lobi yang dilakukan oleh berbagai institusi pemerintah Indonesia, termasuk pemberian bantuan teknis bagi pemerintah di kawasan tersebut.

Namun dirinya yakin bahwa rakyat di Melanesia begitu tegas mendukung dan membantu Papua.

“Masyarakat Melanesia, sejauh ini sangat tegas dan vokal. Sebelumnya hanya Vanuatu, tetapi sekarang bertambah Solomons, PNG dan Fiji. Gereja-gereja juga terlibat, demikian juga pada pejabat dan masyarakat biasa. Saya yakin pada akhirnya pemerintah-pemerintah negara Melanesia lainnya akan berhasil didorong mengubah sikap mereka terhadap pelanggaran HAM, penentuan nasib sendiri dan kemerdekaan di Papua Barat,” ujarnya.

Natuman mengakui bahwa kompromi yang terpaksa dilakukan di MSG terkait erat dengan kekurangan dana, sehingga mendorong mereka mencari sokongan dana untuk kerja-kerjanya. Tetapi Natuman juga tidak yakin janji bantuan Indonesia itu tulus.(*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Natuman: Dukungan Melanesia Ke Papua Kuat