Pemberian Vitamin A di Kota Jayapura Belum Capai Target

share on:

vit-a-gratis

Jayapura, Jubi – Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua menyatakan, pemberian Vitamin A kepada bayi dan balita serta pemberian IFAS untuk ibu hamil di 12 puskesmas di Kota Jayapura belum mencapai target 100 persen.

“Dari hasil pemantauan yang dilakukan tim UP2KP terhadap pemberian Vitamin A kepada bayi, balita dan pemberian IFAS pada ibu hamil di 12 puskesmas di Kota Jayapura pada Agustus belum seluruhnya mencapai 100 persen,” kata Kepala Bidang Kesektariatan UP2KP Alexander Krisifu, di Jayapura, Rabu (14/9/2016).

Salah satu program agar tidak mengalami anemia pada ibu hamil adalah dengan program suplementasi tablet besi (iron-folic acid suplementation atau IFAS).

Ibu hamil direkomendasikan untuk minum 1 tablet IFA (terdiri dari 60 mg elemental iron dan 0.25 mg folic acid) tiap hari selama minimal 90 hari selama kehamilan hingga 42 hari pascamelahirkan.

Menurut Alexander, hanya dua puskesmas di Jayapura yang sudah mencapai target pemberian Vitamin A, yakni Puskesmas Waena dan Puskesmas Koya Barat dengan rata-rata persentase pemberian Vitamin A pada Februari hingga Agustus 87,7 persen.

Dia menyebutkan, 10 puskesmas lainnya persentase pemberian Vitamin A sejak Februari sampai Agustus masih berada pada 53,36 persen hingga 74,66 persen.

“Pemantauan pemberian Vitamin A di 12 puskesmas di Kota Jayapura ini kami laksanakan sejak 22-26 Agutsus di wilayah Kota Jayapura,” ujarnya.

Dia menambahkan, tanggapan dari seluruh kepala puskesmas di Kota Jayapura menyatakan hingga 26 Agustus 2016 kegiatan pemberian kapsul Vitamin A itu belum seluruhnya dilakukan.

Sedangkan pada September puskesmas juga melakukan kegiatan sweeping agar sasaran bayi dan balita serta pemberian IFAS pada ibu hamil dapat tercapai secara keseluruhan.

“Kami sangat mengapresiasi dua puskesmas yang sudah mencapai 100 persen dan kepada 10 puskesmas yang belum mencapai 100 persen, kami berharap lebih meningkatkan sweeping terhadap pemberian Vitamin A dan IFAS pada ibu hamil pada bulan ini agar targetnya dapat tercapai,” katanya. (*)

Editor : Syofiardi
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemberian Vitamin A di Kota Jayapura Belum Capai Target